DetikHot

art

Patung Pancoran Bercitra Keras dan Simbolkan Nasionalisme

Jumat, 21 Jul 2017 15:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Patung Pancoran Bercitra Keras dan Simbolkan Nasionalisme Patung Pancoran Bercitra Keras dan Simbolkan Nasionalisme Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Foto wajah Patung Pancoran yang diabadikan oleh fotografer Rudy Sunandar sempat membuat heboh media sosial beberapa waktu lalu. Warga Jakarta yang tinggal berpuluh tahun lamanya pun akhirnya bisa menyaksikan wajah ikon Ibu Kota yang selama ini tak terlihat.

Wajah patung itu terlihat lebih berotot, bertekstur kasar, dan garang. Seolah-olah seniman yang membuatnya bukan pematung piawai dalam bidang seni patung serta dianggap tak mampu menyelesaikan hasil akhir sebuah karya.

Padahal figur yang keras itu memang merupakan ciri khas dari pematung kelahiran Salatiga, Edhi Sunarso. Patung-patung monumental Edhi memang tidak pernah menampilkan sosok yang halus.

"Selalu yang kasar, anatomi relatifnya memang selalu seperti itu dan tidak finishing dengan figur yang halus," kata kurator seni sekaligus pengajar Kuss Indarto ketika mengobrol dengan detikHOT, Jumat (21/7/2017).



"Seolah-olah dibilang nggak bisa matung. Itu pasti orang yang nggak tahu ciri khasnya Pak Edhi," lanjut Kuss.

Patung Pancoran Bercitra Keras dan Simbolkan NasionalismePatung Pembebasan Irian Barat Foto: Patung Lapangan Banten (Dok. Instagram @ryu_rudy)


Kuss Indarto yang merupakan kurator seni independen asal Yogyakarta itu pernah menyambangi kediaman Edhi di kawasan Kaliurang. Di studionya banyak tersimpan patung-patung yang bertekstur halus. Berbeda dengan karya monumental di ruang publik yang mencerminkan perjuangan.

"Memang Patung Pancoran sampai Selamat Datang citranya keras, dan memang itu tujuannya untuk berani menembus panas, hujan. Itu yang diinginkan Bung Karno," ujar Kuss Indarto.

Dari penggambaran otot hingga pesan nasionalisme yang ada di balik patung pun diakui Kuss Indarto. "Iya, patungnya memang punya pesan nasionalisme sekaligus propaganda dari Bung Karno. Dia mendesain ulang penataan kota Jakarta dan patung jadi acuan awal untuk penataan," pungkasnya.


(tia/nu2)
Photo Gallery
FOKUS BERITA: Patung Ikon Jakarta
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed