Patung Raksasa Kaws Sambangi Singapura, Kapan Mampir ke Indonesia?

Tia Agnes - detikHot
Senin, 15 Nov 2021 10:45 WIB
Patung Kaws Ada di Singapura
Patung Kaws mampir ke Singapura Foto: Courtesy of KAWS dan AllRightsReserved
Jakarta -

Setelah berkeliling ke berbagai negara, patung raksasa Kaws kini lagi mampir ke Singapura. Karya seni ciptaan seniman terkenal Kaws atau yang bernama asli Brian Donnelly yang mendunia sepanjang 42 meter itu berbaring di pinggir The Float, Marina Bay Sands, Singapura, mulai 13 November.

Patung Kaws kali ini menunjukkan karakter pendamping khas sang seniman bernama Companion yang berbaring sambil merangkul versi miniaturnya.

Brian Donnelly mengatakan dalam sebuah pernyataan di saat perjalanan internasional merupakan sebuah tantangan bagi banyak orang, ia merasa beruntung karena proyek seni Holiday masih berlangsung.

"Saya senang karena mampu membawa pengalaman seni ke berbagai tempat dan saya bersemangat untuk melakukannya. Saya datang ke Singapura untuk pertama kalinya," ujar Brian Donnelly.

Karya seni instalasi Kaws yang mejeng di Singapura diselenggarakan oleh studio kreatif yang berbasis di Hong Kong, AllRightsReserved, dan didukung oleh Singapore Tourism Board.

Kehadiran Kaws di Singapura merupakan perhentian ketujuh dalam tur keliling Kaws: Holiday yang dimulai sejak tahun 2018. Sebelum menyambangi Singapura, Kaws sudah terlebih dahulu berkelana di Seoul, Taipei, Hong Kong, Jepang, Inggris sampai luar angkasa.

Pameran selama dua minggu mulai 14 November sampai 21 November. Kira-kira, apa patung raksasa Kaws bakal mampir ke Indonesia nggak ya?

Selama pandemi COVID-19, ini bukan pertama kalinya patung Kaws berkelana ke berbagai negara. Sebelumnya, patung Kaws juga berada di tengah taman K11 Art & Cultural, Hong Kong pada September 2020.

Patung berjudul WHAT PARTY menampilkan pembaruan karakter Chum-nya, salah satu obyek paling awal dari pembentukan Kaws. Bentuknya seperti bulat-bulat dan menyerupai maskot Michelin Man. Patung ini perdana diresmikan di Museum Brooklyn di Februari 2020.

Saat pandemi, seniman jalanan asal Amerika Serikat itu juga mencetak karya seni terbatas untuk menggalang dana bagi korban COVID-19. Cetakannya dibanderol senilai Rp 18,6 juta.

(Baca halaman berikutnya)



Simak Video "Tak Perlu ke Luar Negeri, Patung Karya Kaws Ada di Jakarta Lho!"
[Gambas:Video 20detik]