Rekor! Lukisan Petinju Muhammad Ali Laku Rp 13,4 M dari Prediksi Rp 5,4 M

Tia Agnes - detikHot
Senin, 11 Okt 2021 15:27 WIB
Lukisan Muhammad Ali Berjudul String Like a Bee
Lukisan Sting Like a Bee karya Muhammad Ali Foto: Bonhams/ New York
Jakarta -

Belasan lukisan karya petinju legendaris Muhammad Ali laku terjual di balai lelang New York dengan harga totalnya senilai Rp 13,4 miliar. Padahal awalnya diprediksi hanya bakal terjual Rp 5,4 miliar.

Pelelangan yang berlangsung di Balai Lelang Bonhams di New York menjual 26 gambar dan lukisan yang pernah dibuat Ali di dekade 1970-an. Karya seni tersebut disebut kurang dikenal di masanya.

Salah satu lukisan terkenal Muhammad Ali yang berjudul Sting Like a Bee (1978) memecahkan rekor pelelangan. Lukisannya terjual kepada seorang kolektor asal Inggris seharga Rp 6 miliar.

Harganya 10 kali lipat dari perkiraan awal senilai Rp 568 juta. Muhammad Ali diketahui melukisnya saat syuting film Freedom Road di Mississippi.

Dilansir dari Art News, Senin (11/10/2021), lukisan itu menggambarkan gambar kemenangan ring tinju saat dia menang melawan rivalnya Sonny Liston.

Momen bersejarah itu diabadikan Muhammad Ali, sekaligus disisipkan tentang slogan terkenalnya 'mengambang seperti kupu-kupu, menyengat seperti lebah'. Dia pernah mengatakannya sebelum pertandingan di 1964 dan menjadi momen kontroversial.

Lukisan itu menggambarkan saat Muhammad Ali berdiri di atas Liston. Sementara itu, wasit yang melarikan diri dari ring berkata, 'Ya, jika Anda pintar. Anda berlari seperti saya'.

Lukisan lainnya yang berasal dari 1979 di atas kanvas bertuliskan I Love You America terjual senilai Rp2,1 miliar dari harga awal Rp 341 juta.

Karya-karya tersebut berasal dari koleksi sahabat Muhammad Ali, Rodney Hilton Brown. Dia juga adalah penerbit untuk serangkaian edisi dari serigraf yang ditugaskan oleh Federasi Asosiasi Perserikatan Bangsa-bangsa Dunia (PBB).

Direktur Budaya Populer di rumah lelang Bonhams, Helen Hall mengatakan sosok Muhammad Ali adalah ikon budaya yang mendefinisikan sebuah generasi.

"Karya seninya menggambarkan subyek yang dekat dengan hatinya yaitu tinju, hak sipil, agama, perdamaian dunia, dan kemanusiaan," katanya dilansir dari Daily Mail

Melalui puluhan lukisan langka yang dilelang sampai miliaran rupiah itu, pihak Bonhams mencoba memberikan kesempatan langka bagi para pencinta seni untuk membeli lukisan Muhammad Ali.



Simak Video "Kisah di Balik Lukisan 'Berburu Celeng' Milik Seniman Djoko Pekik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)