Lukisan Langka Petinju Legendaris Muhammad Ali Dilelang Rp 5,4 M, Tertarik Beli?

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 30 Sep 2021 12:35 WIB
Lukisan Muhammad Ali Berjudul String Like a Bee
24 lukisan karya Muhammad Ali dilelang senilai Rp 5,4 miliar. Foto: Bonhams/ New York
Jakarta -

Di balik tampang sangar dari petinju legendaris Muhammad Ali, tersimpan bakat terpendam menjadi seorang pelukis. Sebanyak 24 lukisan langka karya Muhammad Ali yang menyentil isu sosial khususnya komunitas kulit hitam dilelang senilai Rp 5,4 miliar pada 5 Oktober 2021.

Lukisan-lukisan ciptaannya bakal dilelang oleh rumah lelang Bonhams, New York, Amerika Serikat. Di antara 24 koleksi yan dijual, ada gambar tentang orang kulit hitam yang dirantai dalam lukisan berjudul Let My People Go.

Isu itu menyentil ngerinya perbudakan yang pernah terjadi.Ada juga lukisan Sting Like a Bee yang menggambarkan kemenangannya melawan Sonny Liston.

Momen bersejarah itu diabadikan Muhammad Ali, sekaligus disisipkan tentang slogan terkenalnya 'mengambang seperti kupu-kupu, menyengat seperti lebah'. Dia pernah mengatakannya sebelum pertandingan di 1964 dan menjadi momen kontroversial.

Lukisan itu menggambarkan saat Muhammad Ali berdiri di atas Liston. Sementara itu, wasit yang melarikan diri dari ring berkata, 'Ya, jika Anda pintar. Anda berlari seperti saya'.

Ada juga lukisan di tahun 1967 berjudul War in America yang menggambarkan orang kulit hitam ditembak mati di jalanan dalam kerusuhan di tahun 1965. Lukisannya dihargai Rp 486 juta.

Muhammad Ali, The GreatestMuhammad Ali, The Greatest Foto: Trent Online

Beberapa lukisan dibuatnya merupakan hasil kolaborasi bersama ayahnya, Cassius Clay. Dia berprofesi sebagai seniman yang mencari nafkah melalui melukis papan reklame.

Dia sering meminta bantuan Ali untuk melukis dan saudaranya Rahaman Ali. Puluhan lukisan itu diketahui menjadi milik pribadi dari kolektor bernama Rodney Hilton Brown, sahabat Ali yang juga pernah menulis soal di luar dunia ring tinju.

Direktur Budaya Populer di rumah lelang Bonhams, Helen Hall mengatakan sosok Muhammad Ali adalah ikon budaya yang mendefinisikan sebuah generasi.

"Karya seninya menggambarkan subyek yang dekat dengan hatinya yaitu tinju, hak sipil, agama, perdamaian dunia, dan kemanusiaan," katanya dilansir dari Daily Mail, Kamis (30/9/2021).

Melalui puluhan lukisan langka yang dilelang sampai miliaran rupiah itu, pihak Bonhams mencoba memberikan kesempatan langka bagi para pencinta seni untuk membeli lukisan Muhammad Ali.

"Dia berhasil membuat karya seni yang unik dan bermakna. Kami menyebutnya sebagai The Greatest of All Tim," sambungnya.

"Muhammad Ali juga sosok yang dicintai banyak orang dan kami mengantisipasi minat dari kolektor seluruh dunia," tukasnya.



Simak Video "Laga Tinju PON Papua Rusuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)