9.000 Orang Ikuti Indonesia Menari Virtual 2021

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 06 Okt 2021 16:20 WIB
Indonesia Menari Virtual 2021
Indonesia Menari Virtual 2021 Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa
Jakarta -

Lebih dari 9.000 orang berpartisipasi di ajang Indonesia Menari Virtual 2021. Acara yang dipersembahkan oleh Indonesia Kaya yang digelar sejak 1 September, kini memasuki babak final yang berlangsung pada 10 Oktober 2021.

Acara final Indonesia Menari Virtual 2021 dapat disaksikan secara virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB, bertepatan dengan HUT Galeri Indonesia Kaya yang ke-8 dan Taman Indonesia Kaya yang ketiga.

Program Director wwww.indonesiakaya.com, Renitasari Adrian, mengatakan babak final yang diselenggarakan secara virtual, antusiasmenya sangat tinggi, sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini lebih dari 9.000 peserta dari keseluruhan kategori berpartisipasi meramaikan. Sebanyak 85 persen peserta kali ini, adalah mereka yang baru pertama kali mengikuti," ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Rabu (6/10/2021).

Para peserta tahun ini berasal dari kota-kota besar di Indonesia, di antaranya dari Aceh, Natuna, Baubau, Jailolo, Labuan Bajo, Nabire, dan lain-lain.

"Semoga kegiatan Indonesia Menari Virtual 2021 ini dapat semakin mendekatkan masyarakat dengan kesenian Indonesia, terutama seni tari dan membuka kesempatan lebih luas kepada masyarakat Indonesia untuk ikut memeriahkan final dari Indonesia Menari Virtual 2021," sambungnya.

Gelaran Indonesia Menari Virtual 2021 menggandeng tiga koreografer kenamaan Indonesia. Ada Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang juga berperan sebagai juri utama.

Dari 9.000 orang yang berpartisipasi, sebanyak 100 peserta berhasil masuk tahap final. Mereka diwajibkan membuat video berdurasi 60 detik dengan koreografi yang berbeda di babak penyisihan.

Koreografer Eko Supriyanto atau Eko Pece mengatakan kreasi dan antusiasme dari peserta kali ini terbilang tinggi.

"Dengan memberikan sentuhan kontemporer bernuansa tradisi yang unik, kali ini saya diberi kesempatan untuk berkolaborasi bersama Didik Nini Thowok dan juga Ufa Sofura dalam menciptakan koreografi yang indah dan juga terbaik bagi Indonesia Menari Virtual 2021," katanya.

Tahap final Indonesia Menari Virtual 2021 yang dapat disaksikan pada 10 Oktober pukul 13.00 WIB di akun YouTube IndonesiaKaya, juga dimeriahkan oleh penampilan dari Rizky Febian, Galabby, Louise, dan Jane Callista.

Digelar sejak tahun 2012, Indonesia Menari sukses digelar secara serempak di 7 kota, seperti Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang.



Simak Video "Serial Musikal Nurbaya Berhasil Rengkuh Pencinta Baru Seni Teatrikal"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)