Indonesia Menari 2021 Digelar Virtual, Ajak Masyarakat Menari dari Rumah

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 12 Agu 2021 16:26 WIB
Indonesia Menari Virtual 2021
Indonesia Menari Virtual 2021 mengajak masyarakat untuk ikut berkompetisi menari dari rumah saja Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa
Jakarta -

Gelaran akbar Indonesia Menari kembali digelar tahun ini. Di tengah situasi dan kondisi yang serba terbatas akibat pandemi COVID-19, www.indonesiakaya.com sebagai penyelenggara tetap mengajak siapa pun untuk ikut menari dari rumah.

Indonesia Menari digelar sejak tahun 2012 namun sempat terkendala penyelenggaraannya di tahun lalu.

"Tahun lalu pandemi lagi tinggi-tingginya, kami sempat tiadakan. Tapi kalau nggak bikin tahun ini sepertinya ada yang hilang. Keuntungan digelar secara virtual, masyarakat seluruh Indonesia bisa ikutan," ucap Program Director www.indonesiakaya.com, Renitasari Adrian, saat jumpa pers virtual, Kamis (12/8/2021).

Tak hanya para pencinta tari dari kota-kota besar saja, tapi gelaran yang terbuka untuk 3 kategori usia itu juga lebih memudahkan akses.

"Ini upaya kami agar melestarikan seni budaya Indonesia dan mendekatkan dengan budaya generasi sekarang dan dengan kemasan modern. Kami juga mengajak kerjasama koreografer dari lintas generasi," sambungnya.

Indonesia Menari Virtual 2021Indonesia Menari Virtual 2021 Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa

Ada 3 koreografer yang berkolaborasi untuk membuat gerakan yang nantinya bakal diterapkan oleh para peserta. Mereka adalah Didik Nin Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura.

"Penyelenggaraan tahun ini mengikuti aturan pemerintah untuk tetap berada di rumah saja. Kami melakukan adaptasi dengan tidak menggelar di mal, tapi siapa pun bisa mengirimkan videonya dari hasil tarian di rumah," tambah Program Officer www.indonesiakaya.com, Rieka Nur Asy Syam.

Lantaran virtual, Indonesia Menari 2021 digelar lebih panjang mulai 1 September sampai 10 Oktober 2021 dan hanya bisa diikuti oleh penari individu bukan kelompok.

Indonesia Menari Virtual 2021Indonesia Menari Virtual 2021 Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa

Ketiga koreografer membuat gerakan yang memadukan antara tradisional, kontemporer, dan modern. Serta mengkolaborasikan antara 5 lagu daerah Suwe Ora Juma (Jawa Tengah), Apuse (Papua), Indung-Indung (Kalimantan Timur), Rambadia (Sumatera Utara, dan Pakarena (Sulawesi Selatan).

"Kami punya 3 warna berbeda, bahkan kontras. Pemilihan kami bertiga ini unik sekali, karena saya juga belajar kepada yang muda-muda ini untuk membuat gerakan di Indonesia Menari 2021," tukas Didik Nini Thowok.

Indonesia Menari Virtual 2021 menargetkan 10 ribu pendaftar, akan dipilih 20 peserta untuk setiap kategori di babak final yang digelar pada 10 Oktober 2021. Final ditayangkan di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB.



Simak Video "Serial Musikal Nurbaya Berhasil Rengkuh Pencinta Baru Seni Teatrikal"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)