Mencari Siti Diadaptasi dari Novel Siti Nurbaya, Garin Nugroho Ungkap Alasannya

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 08 Des 2020 18:02 WIB
Serial Musikal Online Mencari Siti Persembahan Indonesia Kaya
Musikal online Mencari Siti diadaptasi dari novel Siti Nurbaya karya Marah Roesli Foto: Galeri Indonesia Kaya/ Istimewa
Jakarta -

Serial musikal online Mencari Siti persembahan IndonesiaKaya, sutradara Garin Nugroho, dan Teater Musikal Nusantara (TEMAN) diadaptasi dari novel klasik Marah Roesli, Siti Nurbaya. Mengapa mengambil karya sastra yang terbit perdana pada 1922?

Sutradara musikal online Mencari Siti, Garin Nugroho, menuturkan pemilihan adaptasi dari novel Siti Nurbaya dinilai tepat oleh tim.

"Sebenarnya cerita musikal teater yang mudah dan kompleks itu sederhana sekali. Mau itu cerita Romeo dan Juliet, selalu konflik anak muda, cinta segitiga, pilihan kaya miskin, dan selalu seperti itu," ungkap Garin Nugroho saat jumpa pers virtual, Selasa (8/12/2020).

Cerita Siti Nurbaya yang kompleks ketika diadaptasi ke teater musikal menjadi pilihan yang pas. Ketika dialog-dialognya pun menjadi komposisi lagu juga hal yang menarik.

Menurut Garin Nugroho, cerita cinta Siti Nurbaya adalah kisah yang abadi dan tak lekang oleh waktu. Kisah cinta yang dijodohkan oleh orang tua kepada orang tua pun kerap terjadi di masa sekarang.

"Ada juga cerita anak muda yang independen dan menderita itu sebenarnya kan banyak sekali. Kenapa Siti Nurbaya terus menerus ditafsir pada setiap adaptasi? Karena karakter para tokoh dan ceritanya yang abadi," lanjut Garin Nugroho.

Serial Musikal Online Mencari Siti Persembahan Indonesia KayaSerial Musikal Online Mencari Siti Persembahan Indonesia Kaya Foto: Galeri Indonesia Kaya/ Istimewa

"Di wilayah sastra, alasan yang tepat novel Siti Nurbaya adalah kebangkitan dari karya sastra di masanya. Karakternya mampu dikembangkan terus menerus dan tidak pernah mati," tukasnya.

Serial musikal online Mencari Siti akan mulai diproduksi di 2021. Pertunjukannya dibuat dalam kemasan baru dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Dengan arahan Garin Nugroho, elemen dari seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

Setelah tahap awal Mencari Penulis yang digelar akhir November bersama Nia Dinata, tim IndonesiaKaya kini mencari para pemain musikal online Mencari Siti. Ada tiga karakter utama untuk peran Siti Nurbaya, Samsul Bahri, dan Datuk Maringgih yang audisi online dibuka mulai 8-31 Desember 2020.



Simak Video "Serial Musikal Nurbaya Berhasil Rengkuh Pencinta Baru Seni Teatrikal"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)