Menghidupkan Nurbaya Lewat Serial Musikal

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 27 Jul 2021 11:55 WIB
Serial Musikal Nurbaya Tayang di YouTube Indonesia Kaya
Serial musikal Nurbaya tayang di YouTube Indonesia Kaya Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa
Jakarta -

Kisah klasik tentang Sitti Nurbaya begitu menggema ke berbagai lapisan masyarakat. Siapa yang tak kenal dengan karakter Sitti
Sitti Nurbaya dalam novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli.

Karakternya melekat karena dipaksa menikah dengan pria yang bukan pilihannya. Sitti Nurbaya pun sukses diadaptasi ke berbagai medium.

Kini adaptasi lainnya dari kisah klasik Sitti Nurbaya dihadirkan oleh Indonesia Kaya melalui serial musikal online yang tayang di saluran YouTube mulai awal bulan. Pekan ini sudah memasuki episode kelima dan tayang setiap hari Kamis.

Diproduseri oleh Bayu Pontiagust, proyek ini menggabungkan teknik panggung dan film dengan arahan Venytha yang berperan sebagai sutradara teater. Serta Naya Anindita sebagai sutradara film, Ivan Tangkulung sebagai komposer musik, serta Andrea Miranda dan Gabriel Harvianto pelatih vokal.

Di episode keempat sebelumnya, Samsul Bahri menyelesaikan kuliahnya di Belanda dan kembali ke Jakarta untuk bekerja sebagai advokat.

Samsul Bahri diketahui memang punya hubungan spesial dengan Nurbaya di masa lalu. Di satu sisi, Nurbaya dipaksa menikah dengan Meringgih yang punya kerajaan bisnis di klub Taman Edan.

Cerita semakin menarik di setiap episode penayangan. Dipenuhi oleh visualisasi yang memanjakan mata, 23 lagu kolaborasi khas Minang sampai broadway hingga koreografi tarian yang tak kalah.

"Setiap koreografi, kami rancang untuk mengangkat adegan itu sendiri dan membantu penonton untuk mendapatkan energi atau drama yang diciptakan dalam musikal," kata koreografer serial musikal Nurbaya, Pasha Prakasa, saat jumpa pers virtual, Senin (26/7/2021).

Di setiap adegan ada banyak cerita dengan aneka dinamikanya. "Kita banyak menggunakan variasi koreografi," lanjutnya.

Salah satu koreografi yang paling menantang, lanjut Pasha, ada di episode keempat. "Di situ, ada semua cast dalam satu ruangan selain di Taman Edan. Turning point untuk Nurbaya, Samsul, Isabella, dan kami harus menceritakan adegan agar intentionnya terasa," sambung Pasha.

Serial musikal Nurbaya yang memadukan antara pendekatan teater dan film, diungkap oleh Venytha Yoshiantini di setiap episode, cerita dan intrik semakin menarik.

"Saya berkolaborasi dengan Naya Anindita selaku sutradara film untuk memadukan pertunjukan teater dan juga film agar dapat memberikan visualisasi yang menarik di tiap episodenya bagi para penikmat seni. Semoga ke-6 episode dari serial musikal Nurbaya dapat menghibur dan juga menginspirasi para penikmat seni," pungkasnya.

Serial musikal Nurbaya dapat ditonton di YouTube Indonesia Kaya dan rencananya seluruh episode dapat disaksikan di Mola TV yang rilis pada September 2021.



Simak Video "Serial Musikal Nurbaya Berhasil Rengkuh Pencinta Baru Seni Teatrikal"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)