Serial Musikal Nurbaya Manjakan Penonton dengan Visualisasi Tak Biasa

Tia Agnes - detikHot
Senin, 26 Jul 2021 16:13 WIB
Serial Musikal Nurbaya Tayang di YouTube Indonesia Kaya
Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memaksa pelaku seni kreatif untuk terus berkiprah dengan karya yang tak biasa. Sejak awal Juli, empat episode serial musikal Nurbaya ditayangkan di YouTube Indonesia Kaya dan sukses ditonton 3 juta penonton.

Serial yang digarap oleh Garin Nugroho, kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), dan BOOW Live ini menyajikan keindahan visual, akting, dan komposisi musik.

Venytha Yoshiantini yang menjadi sutradara teater pertunjukan mengatakan proses pembuatan serial musikal diawali dengan pendekatan teater.

"Setelahnya kami baru memulainya dengan pendekatan film yang banyak sekali bagian dikosongkan untuk diisi di proses syuting," tuturnya saat jumpa pers virtual, Senin (26/7/2021).

Sepanjang proses pembuatan, lanjut Venytha, para tim banyak mendapatkan masukan dari Garin Nugroho.

Serial Musikal Nurbaya Tayang di YouTube Indonesia KayaSerial Musikal Nurbaya Tayang di YouTube Indonesia Kaya Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa

"Kami diajarkan bagaimana cara menyatukan antara film dan teater. Kamera adalah penonton, untuk bloking tetap menggunakan cara teater. Bedanya saja, karya ini ditayangkan di platform online," kata Venytha.

Diproduseri oleh Bayu Pontiagust, proyek ini menggabungkan antara teknik panggung dan film dengan arahan dari Venytha sebagai sutradara teater dan Naya Anindita sebagai sutradara film. Ivan Tangkulung sebagai komposer musik, dibantu oleh Andrea Miranda dan Gabriel Harvianto yang menjadi pelatih vokal.

Salah satu hal menarik dari musikal Nurbaya yang diadaptasi dari cerita novel klasik Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli adalah visualisasi dari musik.

Serial Musikal Nurbaya Tayang di YouTube Indonesia KayaSerial Musikal Nurbaya Tayang di YouTube Indonesia Kaya Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa

Ada 23 lagu yang ditampilkan untuk 6 episode serial musikal Nurbaya. Lagu-lagu tersebut kental dengan pengaruh musik Minang dan pop di era 1970-an.

Komposer musik Ivan Tangkulung mengatakan musik-musik untuk serial ini menggunakan musik tradisi khas Minang bersama dengan musik di era tersebut.

"Ada lagu Koes Plus dari tahun 1970-an, dan musik yang dinyanyikan artis Minang terutama Elly Kasim," katanya.

Selain Nurbaya, Samsul Bahri, dan Tuan Meringgih yang menjadi karakter utama, ada banyak karakter-karakter menarik lainnya. Di antaranya adalah Nola Be3 sebagai Etek Rahma, Galabby sebagai Isabella, dan Beyon Destiano sebagai Lakeswara.

Enam episode musikal Nurbaya bisa ditonton di platform YouTube Indonesia Kaya.



Simak Video "Serial Musikal Nurbaya Berhasil Rengkuh Pencinta Baru Seni Teatrikal"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)