Garin Nugroho Yakin Industri Seni Punya Siasat Adaptasi saat Pandemi

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 09 Des 2020 15:05 WIB
Sutradara
Garin Nugroho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak 9 bulan yang lalu membuat berbagai industri kreatif terkena dampaknya. Termasuk bidang seni pertunjukan dan pelaku seni yang ada di Tanah Air.

Sutradara Garin Nugroho percaya para pelaku seni bisa beradaptasi dalam segala kondisi di tengah pandemi. Menurutnya, sekarang industri virtual menjadi fokus terbesa.

Seni pertunjukan pun mau tak mau masuk ke dalam revolusi 4.0 yang seluruhnya adalah panggung virtual.

"Panggung gawai atau laptop itu masuk ke rumah, ke ruang pribadi, ke kantor, dan bagi setiap orang yang mau membangun industri kreatif akan mengalami perubahan besar khususnya di masa pandemi sekarang ini," tutur Garin Nugroho saat jumpa pers virtual musikal online Mencari Siti.

Garin menuturkan jika pun pandemi selesai maka orang-orang yang menonton seni pertunjukan di gedung-gedung akan tetap banyak.

"Sebelum pandemi kan, ada riset mengatakan orang menyukai menonton teater live karena ada keintiman dan lain-lain. Siapa pun yang akan melangkah ke industri kreatif dunia baru yang virtual tentunya akan mengalami berbagai syarat tertentu untuk masuk ke industri virtual," lanjutnya.

Mungkin saja, lanjut Garin, ada pelaku seni yang tidak pernah menyentuh hal tersebut dan perlu migrasi besar-besaran.

"Sekarang ini terjadi dialog dan pengadegan di dalam layar. Bagaimana pun juga kami percaya dengan mencari kemampuan atau skill talenta berbakat dalam musikal online Mencari Siti adalah peluang bagi pelaku industri seni pertunjukan," tukasnya.

Dalam musikal online Mencari Siti, Garin Nugroho dipercaya untuk menyutradarai musikal yang bakal mulai diproduksi pada 2021. Pertunjukan musikal persembahan IndonesiaKaya dan Teater Musikal Nusantara (TEMAN) saat ini sedang membuka audisi bagi para pemain pada 8-31 Desember 2020.



Simak Video "Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)