28 Peserta Terpilih Ramaikan Musikal Mencari Siti

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 17 Mar 2021 11:05 WIB
Serial Musikal Online Mencari Siti Persembahan Indonesia Kaya
Musikal online Mencari Siti Foto: Galeri Indonesia Kaya/ Istimewa
Jakarta -

Musikal Mencari Siti mencapai tahap penyaringan para seniman yang bakal meramaikan pertunjukan yang digelar pertengahan tahun. Ada 28 peserta terpilih yang bakal terlibat dalam produksi museum persembahan Indonesia Kaya.

Pertunjukan digelar bekerja sama dengan sutradara Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN).

Setelah mengikuti audisi online yang diramaikan oleh 800 peserta yang mendaftar, terpilihlah 100 peserta untuk mengikuti rangkaian workshop. Dari 100 peserta, maka digelar proses audisi atau casting tahap kedua.

Dari audisi tahap kedua, terpilihlah 28 peserta dari Jakarta, Padang, Bandung, Malang, dan Mataram yang akan ikut berpartisipasi dalam produksi musikal mendatang.

Sutradara musikal Venytha Yoshiantini dari Kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), mengatakan para peserta terpilih juga akan langsung mengikuti proses latihan untuk memperdalam materi-materi pertunjukan seperti lagu dan script secara offline.

"Kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti tetap menggunakan masker selama proses berlangsung, menjaga jarak juga membagi jumlah peserta yang hadir dalam satu waktu, serta swab antigen kepada seluruh peserta sebelum latihan," kata Venytha Yoshiantini dalam keterangan pers yang diterima detikcom.

Serial Musikal Online Mencari Siti Persembahan Indonesia KayaSerial Musikal Online Mencari Siti Persembahan Indonesia Kaya Foto: Galeri Indonesia Kaya/ Istimewa

Berbeda dengan produksi lainnya, serial musikal adaptasi Siti Nurbaya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting. Musikal hadir dengan adaptasi dengan penggunaan teknologi yang lebih modern.

Serial musikal yang diproduseri oleh Indonesia Kaya bersama Garin Nugroho, akan disutradarai oleh Venytha Yoshiantini (TEMAN) selaku sutradara musikal/teater dan Naya Anindita selaku sutradara film.

Selain itu, pelatihan vokal dari Gabriel Harvianto dan Andrea Miranda juga semakin mewarnai komposisi musik yang sudah dibuat oleh Ivan Tangkulung.

Program Director www.indonesiakaya.com, Renitasari Adrian, menuturkan perjalanan panjang para seniman muda untuk ikut berpartisipasi dalam produksi serial musikal yang diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Marah Roesli telah menuju tahapan akhir.

"Terpilihlah 28 peserta dari berbagai daerah yang akan ikut berpartisipasi dalam produksi musikal yang memadukan elemen seni peran, seni tari, seni suara, dan teknologi film," pungkasnya.



Simak Video "Kemenparekraf Disentil Joko Anwar Gegara Modifikasi Poster 'Musikal di Rumah Aja'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)