Audisi Mencari Siti Temukan Bakat Baru, 800 Orang Ikut Mendaftar

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 21 Jan 2021 12:52 WIB
Serial Musikal Online Mencari Siti Persembahan Indonesia Kaya
Audisi online Mencari Siti menjaring 100 peserta yang kini lolos seleksi Foto: Galeri Indonesia Kaya/ Istimewa
Jakarta -

Di penghujung tahun 2020, Indonesia Kaya bekerja sama dengan Garin Nugroho dan Teater Musikal Nusantara (TEMAN) menggelar audisi online Mencari Siti. Kompetisi yang dikhususkan untuk menemukan bakat baru bagi generasi muda itu telah ditutup.

Sepanjang pembukaan kompetisi, ada 800 peserta yang mendaftar audisi online Mencari Siti. Lalu berhasil disaring menjadi 100 peserta yang terdiri dari 61 perempuan dan 39 laki-laki untuk tahap berikutnya.

Tahapan berikutnya adalah workshop tari jazz kontemporer dan tari tradisi dan proses casting.

Program Director Indonesia Kaya, Renitasari Adrian, menuturkan audisi online Mencari Siti adalah membuka peluang bagi siapa pun untuk tunjuk bakatnya di dunia seni pertunjukan Indonesia.

"Kami tidak menyangka mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, baik yang sudah profesional ataupun yang baru memulai pengalamannya," tuturnya dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (21/1/2021).

Sutradara Garin Nugroho pun menuturkan audisi online ini memudahkan seniman muda di berbagai daerah Indonesia untuk berpartisipasi tanpa dipungut biaya apa pun.

"Melalui program ini, kami membuka kesempatan kepada generasi muda untuk terus berkarya dan bisa tetap berkreasi secara positif meski berada di tengah pandemi," katanya.

Selain itu, Indonesia Kaya juga berhasil menyaring 514 orang yang mendaftar diseleksi menjadi 70 peserta dan mengikuti masterclass online dengan Garin Nugroho dan Nia Dinata. Mereka yang terpilih adalah Latifah Maurinta (Bandung), Veronica Gabriella (Tangerang), dan Ilya Aktob A M (Semarang).

Audisi online Mencari Siti nantinya bakal menampilkan sebuah pertunjukan dengan judul serupa di pertengahan 2021. Karya yang diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Marah Roesli akan dikemas dengan modern dan dapat dikonsumsi berbagai generasi.

Dengan arahan Garin Nugroho dan TEMAN, elemen dari seni peran, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.



Simak Video "Serial Musikal Nurbaya Berhasil Rengkuh Pencinta Baru Seni Teatrikal"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)