ADVERTISEMENT

Keren! Seniman Jepang Ubah Negara Peserta Olimpiade Tokyo Jadi Karakter Anime

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 30 Jul 2021 14:53 WIB
Seniman Jepang Ubah Negara Peserta Olimpiade Tokyo 2020 Jadi Karakter Anime
Karakter anime Mahardika untuk negara Indonesia buatan seniman Jepang Foto: World Flags/ Instagram
Jakarta -

Negara Jepang tak henti-hentinya membuat kagem para negara peserta Olimpiade Tokyo 2020. Di tengah situasi yang tak menentu akibat pandemi COVID-19, sekelompok seniman Jepang mengunggah karakter anime dari negara yang berpartisipasi.

Karakter anime tersebut diunggah melalui akun Instagram resmi @wordflags_samurai. Dalam bio di akun Instagram, tertulis merupakan proyek samurai dunia yang bernama World Flags.

Pencipta proyek yang diawali oleh seniman bernama Kamaya Yamamoto itu memulainya dengan melakukan riset makna dan sejarah bendera dari suatu negara, warna, dan desainnya. Serta budaya dari negar peserta Olimpiade Tokyo 2020 yang berpartisipasi.

Lalu ia membuat karakter anime dari hasil penelitiannya tersebut. Ada kepribadian karakter, kekuataan, dan kelemahannya.

Terkadang, mereka juga membuat opini publik dalam desain misalnya dengan menggunakan jajak pendapat Twitter untuk memilih simbol atau obyek paling ikonik.

Contohnya, karakter anime dari negara Paraguay yang menyebut air terjun Iguazu yang terkenal dan samurai suka berlatih di sana. Karakter untuk negara Sri Lanka yang mewakili 3 kelompok etis utama negara (Sinhala, Tamil, dan Muslim) dan menampilkan singa.

"Kami berharap ini bisa menjadi cara bagi orang untuk belajar tentang negara lain. Itulah yang dimaksud dengan Olimpiade," ungkap Kozo Yamada, salah satu anggota tim lainnya.

Samurai yang dikenal sebagai tentara laki-laki sudah dikenal masyarakat Jepang sejak abad ke-12. Samurai pun identik dengan negara Jepang.

"Samurai unik hanya ada di Jepang dan kami ingin semua orang mengenal budaya tradisional Jepang," kata Yamamoto.

[Gambas:Instagram]



Karakter Anime Mahardika untuk Indonesia

Secara khusus, tim World Flags juga membuat karakter anime untuk negara Indonesia yang berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka membuatkan karakter bernama Maharudika atau Mahardika.

Sosok laki-laki berkacamata dan memiliki rambut merah itu diketahui berulang tahun pada 17 Agustus. Mahardik suka dengan nasi goreng dan ahli di bidang bulutangkis. Hobinya pun ngopi dengan Kopi Luwak.

Mahardika punya hati yang murni dan jujur. Jika i berbohong, maka rambutnya bakal berdiri. Senjatanya bernama 'nyoi' yang dapat berubah kapan pun.



Simak Video "Menkum HAM Dorong Seniman Daftar HKI, Cegah Karya Diklaim Orang Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT