Galeri Nasional Indonesia Buka Pameran Tetap, Tampilkan Koleksi Secara Virtual

Tia Agnes - detikHot
Senin, 15 Mar 2021 16:10 WIB
Tur Virtual Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia
Pameran tetap koleksi Galeri Nasional Indonesia digelar secara virtual Foto: Galeri Nasional Indonesia/ Pribadi
Jakarta -

Mengawali tahun 2021, Galeri Nasional Indonesia (GNI) mengajak para pencinta seni agar menikmati koleksi pameran tetap secara virtual. Tapi ada yang berbeda dari eksibisi kali ini.

Para pengunjung virtual bisa melihat koleksi-koleksi milik GNI dengan memanfaatkan teknologi 360 derajat dan green screen. Tur virtual secara khusus bakal dibuka pada 17 Maret 2021 via Zoom.

Tur virtual yang bakal dipandu oleh kurator GNI Bayu Genia Krishbie dan edukator GNI Aola Romadhona bakal mengajak para peserta untuk menjelajahi ruang pamer.

Kurator GNI Bayu Genia Krishbie menuturkan pameran tetap koleksi GNI kali ini disajikan dalam tiga pendekatan kuratorial.

Pertama, tema Monumen Ingatan menghadirkan karya-karya koleksi GNI yang dikontekstualisasikan dalam perkembangan sejarah nasional. Kedua, Paris 1959 Jakarta 1995 bakal menampilkan koleksi internasional GNI yang bersumber dari dua peristiwa penting tersebut.

"Koleksi ini berasal dari karya seniman dunia yang berbasis di Paris pada tahun 1959 melalui Atase Kebudayaan dan Pers Bapak Ilen Surianegara, serta hibah dari seniman peserta Pameran Gerakan Non-Blok tahun 1995 di Jakarta," ungkap kurator GNI, Bayu Genia Krishbie, dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Tur Virtual Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional IndonesiaTur Virtual Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia Foto: Galeri Nasional Indonesia/ Pribadi

Tema ketiga adalah KODE /D. Karya di koleksi ini adalah pameran tematik yang secara berkala memamerkan sejumlah koleksi dari 20 Tahun Akuisisi Karya Seni Rupa oleh GNI dalam rentang tahun 1999-2019.

Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto mengatakan kolaborasi teknologi kali ini diharapkan semakin mendekatkan diri kepada para pencinta seni.

"Dengan kemasan baru yang belum pernah dilakukan GNI sebelumnya, tur virtual ini diharapkan dapat menarik minat publik dan membangkitkan semangat untuk terus mencari informasi seputar seni rupa," katanya.

Setiap bulannya, tur virtual akan digelar secara rutin. Tur pameran virtual ini juga bakal memberikan informasi mendalam tentang pameran tetap koleksi GNI.

Tur virtual pameran tetap koleksi GNI bakal dibuka perdana secara terbatas via Zoom pada 17 Maret pukul 10.00-11.30 WIB.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Wah! Ada Festival Seni di Terminal Merak-Bakaheuni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)