Hot Top 10

10 Pameran Seni Terhot 2020

Tia Agnes - detikHot
Senin, 28 Des 2020 16:52 WIB
ARTJOG Resilience Digelar di Jogja National Museum, Yogyakarta
Ini 10 pameran seni terhot sepanjang 2020 Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Jakarta -

Sepanjang tahun 2020, penyelenggaraan pameran seni tidak terhenti meski pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Berbagai siasat tetap digelar meski melalui daring untuk menyapa pencinta seni.

Berikut 10 pameran seni pilihan redaksi detikHOT dipilih berdasarkan manajemen penyelenggaraan yang baik, tema yang diusung, dan para karya seniman yang dipajang:

1. ARTJOG: Resilience (Jogja National Museum)

ARTJOG Resilience Digelar di Jogja National Museum, YogyakartaARTJOG Resilience Digelar di Jogja National Museum, Yogyakarta Foto: ARTJOG/ Istimewa

Di tengah situasi pandemi, Heri Pemad Management tetap menyelenggarakan edisi khusus ARTJOG secara terbatas meski di awalnya mereka memutuskan untuk meniadakannya.

Edisi spesial bertajuk ARTJOG Resilience dibuka secara luring pada 7 September 2020 selama sebulan. Bagi yang tak bisa datang, bisa menikmati pameran seni yang digelar di Jogja National Museum (JNM) layaknya datang langsung dalam Expanded ARTJOG.

Hal yang menarik adalah Artcare yang mengajak publik peduli dengan karya para seniman. Ada 100 seniman yang menghadirkan karya 2Dimensi berukuran 20 x 14 cm untuk dijual sebagai paket karya kolaboratif.

2. Pameran Immersif Affandi (Galeri Nasional Indonesia)

Menjaga Imaji Mahakarya Affandi dibuka pada 26 Oktober-25 November 2020Menjaga Imaji Mahakarya Affandi dibuka pada 26 Oktober-25 November 2020 Foto: Pradita Utama/ detikcom

Salah satu pameran terpopuler yang digelar tahun ini adalah eksibisi imersif Affandi di Galeri Nasional Indonesia.

Pameran interatif saat hajatan Pekan Kebudayaan Nasional 2020 itu digelar secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat.

Suguhan video mapping projection yang berisikan 98 lukisan maestro seni lukis Affandi dan ada pula 15 lukisan koleksi GNI yang menampilkan perjalanan artistik dari periode tahun 1940 sampai 1970-an.

3. Pameran Pamor Sang Pangeran Diponegoro

Pameran Pusaka Pangeran Diponegoro yang berjudul Pamor Sang Pangeran dibuka 31 Oktober-26 November 2020 di Museum Nasional IndonesiaPameran Pusaka Pangeran Diponegoro yang berjudul Pamor Sang Pangeran dibuka 31 Oktober-26 November 2020 di Museum Nasional Indonesia Foto: Kemendikbud/ Istimewa

Saat Pekan Kebudayaan Nasional 2020, pameran Pamor Sang Pangeran juga dihelat di Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah.

Hal yang menarik untuk dipamerkan di pameran ini adalah benda-benda peninggalan pusaka Pangeran Diponegoro dipamerkan secara lengkap untuk pertama kalinya.

Sosok Pangeran Diponegoro juga disajikan dalam bentuk kekinian dan modern serta disuguhkan melalui konsep storytelling dengan media video mapping.

(Baca halaman berikutnya soal 10 pameran seni terhot 2020)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]