ADVERTISEMENT

Hot Top 10

10 Pameran Seni Terhot 2020

Tia Agnes - detikHot
Senin, 28 Des 2020 16:52 WIB
ARTJOG Resilience Digelar di Jogja National Museum, Yogyakarta
Ini 10 pameran seni terhot sepanjang 2020 Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

8. Pameran tunggal Melati Suryodarmo

Pameran tunggal Melati Suryodarmo di Museum MACAN.Pameran tunggal Melati Suryodarmo di Museum MACAN. Foto: Pameran tunggal Melati Suryodarmo di Museum MACAN. (Anisa Fitria)

Di awal tahun 2020, pameran tunggal Melati Suryodarmo menjadi salah satu yang disorot. Digelar di Museum MACAN Jakarta, pameran tunggal bertajuk Why Let the Chicken Run menampilkan 20 karya terpenting sang seniman.

Termasuk performans terjadwal dari sang seniman, karya fotografi, video sampai dokumen bersejarah.

Salah satu performans menarik adalah gelaran 12 jam yang dilakukan Melati Suryodarmo yang merupakan proses dalam memberi ruang dan menyampaikan pesan dari gerakan tubuh.

9. Pameran Manifesto VII 'Pandemi'

Galeri Nasional Indonesia Gelar Pameran Daring Manifesto VII Galeri Nasional Indonesia Gelar Pameran Daring Manifesto VII "Pandemi" Foto: Galeri Nasional Indonesia/ Istimewa

Pameran seni sorotan lainnya adalah Manifesto VII yang digelar di Galeri Nasional Indonesia. Eksibisi virtual yang dipajang di situs galnasonline.id menggandeng ratusan seniman.

Uniknya tema 'pandemi' dipakai untuk merespons situasi yang terjadi sekarang ini. Ada 333 karya dari 267 peserta dan diseleksilah menjadi 217 karya video dari 204 peserta yang dipamerkan.

10. Proyek Seni Dian Lentera Budaya Tisna Sanjaya

Pameran Tunggal Tisna Sanjaya di Gedung Eks Bioskop Dian BandungPameran Tunggal Tisna Sanjaya di Gedung Eks Bioskop Dian Bandung Foto: Tisna Sanjaya/ Instagram

Di penghujung 2020, pameran seni yang tak boleh dilewatkan adalah pameran tunggal Tisna Sanjaya. Proyek seni Dian Lentera Budaya yang mengambil lokasi di eks gedung bioskop Dian kota Bandung dianggap sebagai peristiwa kebudayaan.

Lokasi gedung Dian yang strategis berada di pusat kota Bandung seharusnya menjadi pilihan untuk direvitalisasi.

Tisna Sanjaya menampilkan karya performans, mural, dokumenter video, dan lukisan yang merespons kondisi gedung bioskop Dian saat ini.



Simak Video "Potret Malam Affandi, Pameran 32 Tahun Kematian Sang Maestro Lukis"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT