Siap Nonton Sajian Nyeni dan Teknologi di Media Art Globale 2020?

Tia Agnes - detikHot
Senin, 23 Nov 2020 16:54 WIB
Festival Media Art Globale (MAG) 2020 Digelar 20-30 November 2020
Media Art Globale 2020 digelar sampai 30 November 2020 Foto: Media Art Globale/ Istimewa
Jakarta -

Festival Media Art Globale 2020 yang mengusung tema Quantum Land resmi dibuka akhir pekan lalu. Siap melihat karya new media art (seni media baru) yang berbasis teknologi dan sains?

Bagi kamu pencinta seni yang ingin melihat sajian nyeni dan teknologi karya 21 seniman dari 6 negara secara virtual, bisa menyambangi situs Media Art Globale. Jika dibuka situsnya, kamu harus melakukan registrasi dengan menyertai nama lengkap sampai nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Ketika sudah masuk ke situs, kamu bisa memilih ruangan mana yang ingin dikunjungi. Setiap ruangan atau realms seperti yang disebut Media Art Globale 2020 punya karya-karya seniman yang dipajang.

detikHOT yang menyambangi situs Media Art Globale, memasuki realms Nexus. Di sini, pengunjung bisa melihat komunikasi lintas generasi X sampai Z dan bagaimana manusia berkomunitas.

Di karya WSTG yang berjudul WSTG-ACXR (Abstract Concert Extended Reality), pengunjung bisa mendengar perpaduan musik dan teknologi yang memberi pengalaman interaktif.

Ada juga karya Renjani Damais, Patub Porx, Bjarne Jensen, Hysteria yang menghadirkan aneka poster yang dikumpulkan selama 16 tahun, dan arsitek Rubi Roesli.

Berlanjut ke realms Enigma, detikHOT terkejut dengan karya Monica Hapsari yang disajikan di Media Art Globale 2020. Ada suasana kontemplatif yang dirasakan, ada juga Paul Baik dan Dwi Putro, serta Notanlab yang menggunakan medium unik seperti suara dan tubuh manusia.

Di ruang atau realms Genesis menghadirkan karya seniman visual dan teknologi Motionbeast, Eldwin Pradipta, Ady Setyawan, dan Kei Kusuma. Apa yang kamu rasakan di sajian ruangan ini?

Festival Media Art Globale (MAG) 2020 Digelar 20-30 November 2020Festival Media Art Globale (MAG) 2020 Digelar 20-30 November 2020 Foto: Media Art Globale/ Istimewa

Di ruangan Magna, Media Art Globale 2020 khusus menyajikan karya para seniman open call. Lebih dari 60 seniman di 23 negara yang berpartisipasi.

Ragam karya seni yang hadir punya ciri khas masing-masing, kamu akan merasakan karya yang berbeda dengan tiga ruangan lainnya.

Nah, realm Master menampilkan aneka talkshow dan workshop menarik untuk diikuti pengunjung. Di sini, kamu bisa ikutan ngobrol dan berpartisipasi dengan mendaftar sesuai jadwal yang ditentukan.

Patub Porx Community akan membimbing pengunjung tentang tata cara membuat sablon di T-Shirt. Renjani Damais akan mengajari bagaimana melukis di atas papan skate. Ada juga Agan Harahap dan Agnes Sianipar yang mengajak untuk menganalisa bagaimana manusia dengan berkembangnya digital habit.

Festival Media Art Globale (MAG) 2020 Digelar 20-30 November 2020Festival Media Art Globale (MAG) 2020 Digelar 20-30 November 2020 Foto: Media Art Globale/ Istimewa

Talkshow lainnya ada juga Franziska Fennert, Ignatia Nilu, dan Maharani Mancanegara yang menjabarkan bagaimana pengalaman mereka di dunia seni.

Penasaran melihat-lihat Media Art Globale yang dikuratori oleh Mona Lim atau pendiri dari Connected Art Platform? Media Art Global 2020 masih ditampilkan sampai 30 November 2020.



Simak Video "Wah! Ada Festival Seni di Terminal Merak-Bakaheuni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)