detikHot

Top Ten 2019

10 Pameran Seni Terhot 2019

Rabu, 25 Des 2019 15:15 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikhot
Jakarta -

2019 menjadi tahun baik bagi dunia seni rupa Tanah Air. Sejumlah pameran seni bergengsi sampai festival seni atau art fair terselenggara di tengah berkecamuknya situasi politik Indonesia.

Jelang akhir tahun, redaksi detikcom memilih 10 pameran seni terbaik yang digelar sepanjang tahun 2019. Berikut di antaranya dalam susunan acak:

1. Prihal: 20 Tahun Andra Matin

10 Pameran Seni Terhot 2019Foto: Rifkianto Nugroho



Digelar di penghujung 2019, studio arsitektur andramatin menggelar pameran perayaan 20 tahun. Eksibisi ini menyita perhatian pencinta seni dan arsitektur Tanah Air, Galeri Nasional Indonesia diubah menjadi sebuah perjalanan untuk andramatin dalam cara tak biasa. Bagian depan GNI, dibuat seperti permainan ruang dan lorong perjalanan dari andramatin.

2. teamLab Future Park Jakarta

10 Pameran Seni Terhot 2019Foto: teamLab Future Park / Tia Agnes



Nama teamLab di kancah internasional siapa sih yang tidak mengenalnya. Untuk pertama kalinya, karya-karya berskala besar dari teamLab hadir di Gandaria City Mall Jakarta, Jakarta Selatan dan menarik perhatian generasi muda.

Pameran seni digital interaktif ini dibuka sejak 20 Juni 2019 sampai 12 Januari 2020 mampu membuat Anda terpukau. Ada banyak keistimewaan dari eksibisi ini, teamLab Future Park pun sukses menggabungkan antara seni dan teknologi, interaktif, dan tentu saja swafoto yang menarik.

3. Xu Bing: Thought and Method

10 Pameran Seni Terhot 2019Foto: Tia Agnes



Nama perupa Xu Bing menjadi pembicaraan internasional karena karya seni yang diciptakan. Lewat pameran 'Xu Bing: Thought and Method', Museum MACAN semakin mengukuhkan posisinya di Asia.

Museum yang berada di kawasan Jakarta Barat itu berani menampilkan gagasan Xu Bing yang tak biasa di skena seni rupa, membuat mindblowing, dan pembicaraan di kalangan pencinta seni.

4. Art Jakarta 2019

10 Pameran Seni Terhot 2019Foto: Tia Agnes



Hadir dengan konsep dan kebaruan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Art Jakarta 2019 menjadi oase di tengah industri pasar seni rupa Asia Tenggara. Digelar di lokasi yang lebih besar di Jakarta Convention Center (JCC), ada 70 galeri seni lokal dan mancanegara serta 10 persentasi seniman di 10 titik.

5. Pameran seni rupa koleksi nasional #2

10 Pameran Seni Terhot 2019wFoto: GNI/ Istimewa



Seperti yang digelar tahun-tahun sebelumnya, pameran seni rupa koleksi nasional #2 menjadi eksebisi terpenting di 2019. Karya-karya koleksi negara yang dipajang menghadirkan 50 karya pascakemerdekaan. Pameran digelar di Galeri Nasional Indonesia bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus.



6. Ulah Tanah

10 Pameran Seni Terhot 2019Foto: Fira/ Ruci Art Space



Sepanjang penyelenggaraan pameran seni di tahun 2019, 'Ulah Tanah' menjadi eksibisi menarik. Seniman Julian Abraham 'Togar' mengubah RUCI Art Space menjadi pusat kebugaran dan genteng sebagai alat menuju sehat.

Keunikan 'Ulah Tanah' pun melampaui batas, dan membuat galeri tak sebatas tempat pajang karya maupun jual-beli karya seni.

7. Media Art Globale 2019

10 Pameran Seni Terhot 2019Foto: Tia Agnes



Festival seni media baru atau new media art, Media Art Globale, tampil perdana di Jakarta. Muncul dengan level internasional, karya-karya yang dihadirkan kekinian dan mengundang pertanyaan, apakah ini karya seni atau teknologi yang melebur.

8. The Monster Chapter II: Momentum

Ulah seniman J.A Pramuhendra yang mengubah Galeri Nasional Indonesia menjadi sebuah rumah peribadatan gereja menjadi eksibisi terpenting. Seniman asal Bandung itu memainkan ruang pamer menjadi tak biasa, permainan gelap-terang, material arang lewat berbagai karya, dan gaya kekinian.

Pameran sukses terselenggara pada 22 Maret-7 April 2019 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

9. Festival Seni Media Internasional 2019: Instrumenta #2

10 Pameran Seni Terhot 2019Foto: Tia Agnes/ detikHOT



Bukan Galeri Nasional Indonesia namanya yang mampu menghadirkan festival seni bertaraf internasional yang membuat decak kagum. Festival Seni Media Internasional 2019 atau 'Instrumenta 2' terselenggara pada Oktober 2019.

Bukan karya seni biasa yang dipajang tapi peleburan antara seni, teknologi, dan multimedia. Salah satu karya yang menyentil adalah isu pemasangan CCTV karya Benny Wicaksono. Atau patung robot ciptaan Dwiky KA.

10. Wave of Tomorrow 2019

10 Pameran Seni Terhot 2019Foto: Tia Agnes/ detikhot



Digelar di penghujung 2019, Wave of Tomorrow menjadi festival seni berbasis teknologi yang diperhitungkan. Edisi kedua hadir lebih besar, gagasan kuratorial lebih matang, dan rasa seni media baru yang naik ke level internasional.

Festival Wave of Tomorrow 2019 masih berlangsung hingga 29 Desember 2019 di The Tribrata, kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.





Simak Video "Rajin Periksa Kesehatan, Detri Warmanto Borong Alat Rapid Test"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

FOKUS BERITA: Top Ten 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com