Isolated Garden Bawa Prabu Perdana Juarai Kompetisi Seni Lukis Tahunan

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 19 Nov 2020 18:22 WIB
Kompetisi seni lukis tahunan/ UOB Painting of the Year 2020
Lukisan Isolated Garden karya seniman asal Bandung, Prabu Perdana, meraih juara di UOB Painting of the Year 2020 Foto: UOB Painting of the Year/ Istimewa
Jakarta -

UOB Indonesia kembali menyelenggarakan kompetisi seni tahunan yang bernama UOB Painting of the Year yang ke-10 kalinya. Seniman asal Bandung Prabu Perdana lewat lukisan Isolated Garden menjuarai penghargaan tahun ini.

Karya Isolated Garden yang dibuatnya tahun ini dinilai tim dewan juri memberikan kesan tersendiri dan mampu merefleksikan tema Solidaritas yang diusung tahun ini. Ia menggambarkan kesadaran untuk menjaga jarak di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

"Saya menemukan diri saya di dalam kesendirian, dengan memakai idiom lanskap sebagai sesuatu yang soliter saya memakai barang-barang memorabilia untuk menggambarkan solitude di masa pandemi," tutur Prabu saat jumpa pers virtual usai penganugerahan UOB Painting of the Year 2020, Kamis (19/11/2020).

Pria kelahiran 12 Oktober 1984 itu mengatakan karyanya menjadi bentuk solidaritas karena pembatasan interaksi secara fisik.

"Saya menggarapnya benar-benar mengisolasi di dalam ruang kamar untuk melukis. Suasana lanskap tersebut mewakili situasi saat berkarya yang menyendiri dan sunyi," kata lulusan DKV Itenas tersebut.

Lewat karyanya, Prabu akan mewakili Indonesia di tingkat kompetisi seni UOB Asia Tenggara pada awal Desember 2020.

Kompetisi seni lukis tahunan/ UOB Painting of the Year 2020Kompetisi seni lukis tahunan/ UOB Painting of the Year 2020 Foto: UOB Painting of the Year/ Istimewa

"Saya selalu mengikuti perkembangan kompetisi ini dan tahun ini merupakan keempat kalinya saya berpartisipasi. Kemenangan ini sangat berkesan bagi saya karena momen ini berlangsung ditengah pandemi global yang belum pernah terjadi sebelumnya," lanjutnya.

Salah satu tim dewan juri, Agung Hujatnikajennong, mengatakan bahasa seni lukis yang dipilih para pemenang tepat sekali diterapkan dalam tema yang diusung kali ini.

Kompetisi seni lukis tahunan/ UOB Painting of the Year 2020Kompetisi seni lukis tahunan/ UOB Painting of the Year 2020 Foto: UOB Painting of the Year/ Istimewa

"Ada efek puitis dengan idiom lanskap pada karya Prabu atas apa yang mereka tangkap dari luar, melalui satu penyaringan yang unik sehingga ekspresi berkarya yang disampaikan sangatlah personal. Seperti yang dikatakan tim dewan juri lainnya Christine Ay Tjoe, memulai solidaritas dari diri sendiri," kata Agung.

Di kompetisi seni UOB, ada dua kategori pemenang yang diumumkan siang ini. Selain lukisan Isolated Garden karya Prabu Perdana, pemenang kategori profesional diberikan kepada Danni Febriana melalui lukisan Dialogue with the Other, Farhan Siki di karya On the Way, Etza Meisyara di Eternal Duality, serta Enka Komariah yang meraih highly commended award di karya Doa Kami.

Kategori pendatang baru diterima oleh Michelle Felicia Darmawan melalui karya This Too Shall Pass yang merefleksikan situasi pandemi. Selanjutnya ada seniman Salsabila Yasmin melalui Scheming Visions, Agapitus Ronaldo lewat Kerinduan, Desta Aji Saputra lewat Ayo.Ayo.Ayo!.



Simak Video "Status Masih Saksi, Artis Terduga Prostitusi Online Dipulangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)