DetikHot

art

Cerita Suvi Wahyudianto Saingi 3 Negara dan Menang di Asia Tenggara

Jumat, 09 Nov 2018 10:23 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Cerita Suvi Wahyudianto Saingi 3 Negara dan Menang di Asia Tenggara Cerita Suvi Wahyudianto Saingi 3 Negara dan Menang di Asia Tenggara Foto: UOB Painting of The Year / Tia Agnes
Jakarta - Ketika lukisan 'Angst' tentang peristiwa Sampit diboyong seniman Suvi Wahyudianto ke ajang internasional, ia tak menyangka bisa menang. Suvi adalah seniman yang mewakili Indonesia di ajang UOB Painting of the Year tingkat regional Asia Tenggara.

Seniman asal Madura itu melawan rival terkuat lainnya dari Malaysia, Singapura, dan Thailand. Lukisan Suvi terinspirasi dari peristiwa ketegangan antar etnis yang terjadi di Sampit, Kalimantan Tengah pada 2001 silam.

Lukisan abstrak yang diciptakan seniman berusia 26 tahun mampu menyaingi karya lainnya. Kepada detikHOT, ditemui di sela-sela pembukaan pameran 'Natura Hominis', Suvi mengatakan setiap seniman yang mewakili negaranya merupakan karya-karya yang terpilih.


Cerita Suvi Wahyudianto Saingi 3 Negara dan Menang di Asia TenggaraCerita Suvi Wahyudianto Saingi 3 Negara dan Menang di Asia Tenggara Foto: uob/ istimewa


"Secara gagasan, seorang seniman selalu melihat gagasan yang dibawanya itu adalah pilihan terbaik dari dirinya. Aku selalu yakin dengan karyaku, karena ada pesan kemanusiaan yang disampaikan dan itu juga adalah memori personal," ujarnya, Kamis (8/11) malam.

Lukisan 'Angst' menceritakan sentimen primordial dan pentingnya sesama manusia untuk berempati. "Itu tumpukan ingatan, tubuhku yang mengalami, dan menjadi karyaku yang terkuat," lanjutnya.



Seniman dari 3 negara lainnya, lanjut Suvi, sebagian besar mengeksplorasi teknis dan karya-karyanya detail. "Mereka bermain teknik tapi gagasannya adalah painting."

Ke depannya, Suvi bakal menyiapkan karya baru namun ia masih merahasiakannya. "Akan ada pameran tapi belum tahu, tapi akan membuat karya besar," pungkasnya.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed