detikHot

Review Pameran

Art Jakarta 2019: 'Angin Segar' Bagi Industri Seni

Minggu, 01 Sep 2019 10:10 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 3
Art Jakarta 2019: Angin Segar Bagi Industri Seni Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Di Indonesia hanya ada dua art fair yang mumpuni kualitasnya, Art Jog dan Art Jakarta (dahulu bernama Bazaar Art Jakarta). Menyambangi art fair pun menjadi kesenangan tersendiri bagi pencinta seni khususnya kolektor.

Di dalam art fair mana pun, mata para pengunjung bakal dimanjakan oleh berbagai karya artsy, menarik, dan menyenangkan. Sama halnya dengan Art Jakarta 2019 yang tahun ini digelar di lokasi yang lebih luas dan megah yakni Jakarta Convention Center (JCC).



Dengan logo dan tim profesional baru di bawah pimpinan Art Fair Director Tom Tandio, penyelenggaraan Art Jakarta yang sudah berlangsung ke-11 kalinya itu membawa 'angin segar' pada dunia seni rupa. Sebanyak 40 galeri seni internasional memboyong karya representasi senimannya ke Ibu Kota, dan 30 lainnya berasal dari Tanah Air.

Yang spesial bukan lagi soal 70 galeri seni yang meningkat tajam ketimbang tahun-tahun sebelumnya, dan 30 persen di antaranya adalah galeri yang baru bergabung. Art Jakarta 2019 lebih spesial lagi karena ada 10 persentasi seniman di 10 titik. Ada siapa saja?

Art Jakarta 2019: 'Angin Segar' bagi Industri SeniFoto: Tia Agnes/detikHOT


Instalasi Eko Nugroho hadir menjadi spotlight pengunjung dengan karya manual bordir dan patung 'alienasi'. Berdampingan dengan Eko, ada instalasi terakota Albert Yonathan yang tersusun repetitif dan seakan mengajak pengunjung untuk kontemplatif.

Ada dua karya video dari teamLab yang dibawa Gajah Gallery. Tidak seinteraktif dari pameran 'teamLab Future Park' di Gandaria City, namun sekali lagi teamLab menunjukkan taringnya di ranah kolaborasi teknologi dan seni. Yang kali ini mengajak pengunjung berinteraksi adalah Isha Hening lewat motion graphics yang memberi pengalaman immersif dari cahaya, warna, dan suara. (tia/wes)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com