DetikHot

art

Lukisan Gaya Abstrak Bali Kemal Ezedine Hiasi Artotel Haniman-Ubud

Rabu, 11 Jul 2018 17:01 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Gaya Abstrak Bali Kemal Ezedine Hiasi Artotel Haniman-Ubud Lukisan Gaya Abstrak Bali Kemal Ezedine Hiasi Artotel Haniman-Ubud Foto: Istimewa
Jakarta - Kemal Ezedine pernah mencuri perhatian pecinta seni di Art Stage 2017 lalu. Karya-karyanya yang mencolok di booth CG Artspace itu membuat mata siapapun tak berkedip. Bergaya abstrak kontemporer dan ada kesan dramatik, menjadi ciri khas dari karya Kemal Ezedine.

Karya-karya dari Kemal Ezedine yang kini menetap di Pulau Dewata kini hadir dalam bentuk tak biasa. Menghiasi beberapa sudut yang ada di Artotel Haniman-Ubud, Kemal pun mengembalikan gaya abstrak yang telah menjadi ciri khas dari Bali.

Lukisan abstrak gaya Bali itu puncaknya ada di dekade 1980-an dan di masa itu sempat marak dekorasi hotel dengan konsep serupa. Gaya tersebut pun sengaja dihadirkan kembali oleh lulusan Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.



"Saya rasa cocok untuk menghadirkan lagi lukisan abstrak Bali dengan perspektif baru. yaitu tidak hanya dibaca sebagai elemen estetis atau dekorasi tetapi juga Bagaimana melihat konten di dalam sebuah lukisan abstrak dalam perspektif seni kontemporer bagi orang awam, atau dengan kata lain membicarakan seni di hotel hanya bisa dilakukan di Artotel," ujarnya.
Karya Kemal Ezedine di Art Stage Jakarta 2017Karya Kemal Ezedine di Art Stage Jakarta 2017 Foto: Tia Agnes/detikHOT

Kemal pun terinspirasi untuk menggunakan gaya mural untuk memvisualkan lukisan abstrak tersebut. Goresan-goresannya dibubuhkan di 22 kamar tamu hotel.

Elemen warna, bentuk, garis, komposisi, dan bidang gambar pun sengaja diaplikasikannya. Ia memaknai karyanya sebagai 'pure abstract'.

Marketing Communications and Creative Manager - Bali Cluster Frederic Ferry saat menyambangi kantor detikHOT menuturkan karya seniman Kemal Ezedine diketahui sangat pas dengan konsep hotelnya.

"Lukisan dan mural bergaya abstrak Bali itu sengaja dihadirkan dan sangat pas dengan konsep kami. Kemal Ezedine juga karyanya banyak sekali yang suka," pungkasnya.



(tia/srs)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed