DetikHot

art

Yuk Lupakan Mantan, Sekalian Larung Barang Peninggalan Mereka

Rabu, 07 Feb 2018 19:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Yuk Lupakan Mantan, Sekalian Larung Barang Peninggalan Mereka Yuk Lupakan Mantan, Sekalian Larung Barang Peninggalan Mereka Foto: Istimewa
Jakarta - Sukses dengan penyelenggaraan Festival Melupakan Mantan sejak 2015, kali ini kelompok Manggala Karya Ambuka Jagad segera menutup siklus pertamanya. Festival yang mengadopsi budaya larung akan digelar pada 13 Februari di halaman Kedaulatan Rakyat, Jalan Margo Utomo, Yogyakarta.

Penanggung Jawab Festival Melupakan Mantan Setoprayogi, mengatakan setiap tahunnya festival mengangkat tema yang sesuai dengan sengkalan tahun Saka Jawa. Di tahun 2015 ada tema 'Manggala Karya Ambuka Jagad', dilanjutkan 'Manjing Catur Puspaning Kalbu', dan 'Kesah… Nata Gatra Panguripan'.



"Di tahun ini menjadi penanda tahun diadakannya acara dengan tema besar 'Urip sing Sangsaya Ngrasuk Budi'," katanya dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Rabu (7/2/2018).

Yuk Lupakan Mantan, Sekalian Larung Barang Peninggalan MerekaYuk Lupakan Mantan, Sekalian Larung Barang Peninggalan Mereka Foto: Istimewa


Nantinya festival ini bakal melarung beberapa barang-barang peninggalan sang mantan. Sepanjang tiga tahun penyelenggaraan, banyak netizen yang menilai Festival Melupakan Mantan adalah anti-tesis terhadap perayaan Valentine yang identik dengan pesta, cokelat, boneka, dan lain-lain.



"Tapi kami hanya merespons dan memaknai fenomena Valentine dengan cara yang lain," ujarnya.

Setoprayogi pun mengajak siapapun yang ingin melarung barang-barang mantan untuk menghadiri festival. "Semoga pesan yang akan kami bawa melalui acara Festival Melupakan Mantan ini kembali dapat menumbuhkan kreativitas, respons, refleksi seta kesadaran diri untuk bersama-sama tumbuh berkembang ke arah yang lebih baik lagi," pungkasnya.



(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed