Dewan Kesenian Jakarta Umumkan 7 Pemenang Sayembara Kritik Sastra

Tia Agnes - detikHot
Senin, 04 Sep 2017 13:10 WIB
Dewan Kesenian Jakarta Umumkan 7 Pemenang Sayembara Kritik Sastra Foto: Dewan Kesenian Jakarta
Jakarta - Tahun ini Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menggelar Sayembara Kritik Sastra 2017. Ada 7 nama yang berhasil mengantongi predikat pemenang.

Sayembara yang diadakan kali ini dilihat pada empat kriteria yakni ketajaman penulis dalam menelaah sebuah karya, kritik yang inspiratif dan orisinil, argumentasi yang menyakinkan, dan keberanian menafsir dari karya sastra yang diteliti.

"Kami menyimpulkan tidak ada yang layak menyandang juara pertama di sayembara kali ini," ujar salah seorang dewan juri, A.S Laksana, dalam keterangan yang diterima, Senin (4/9/2017).



Pemenang Juara Harapan yakni Bandung Mawardi dengan naskah 'Dokumentasi Kenangan: Bocah dan Petuah'. Dilanjutkan Setyaningsih dengan 'Penerimaan dan Penolakan, Membaca Mirah dari Banda Garapan Hanna Rambe', ada juga AChmad Fawaid dan Ining Isaiyas.

Juara 3 diputuskan Muarif dengan naskah 'Puisi, Ideologi dan Pembaca yang Terkalahkan: Bahasa sebagai Reaksi Neurotik dalam Kumpulan Puisi Berlin Proposal karya Afrizal Malna'. Serta Sunlie Thomas Alexander yang meneliti karya sastra Triyanto Triwikromo dalam 'Surga Sungsang'.

Sedangkan juara 2 dimenangkan oleh Harry Isra Muhammad dengan karya sastra yang diteliti 'Puya ke Puya' karya Faisal Oddang.

(tia/doc)