Yahya Abdul-Mateen II Pemeran Utama Serial Marvel Wonder Man

ADVERTISEMENT

Yahya Abdul-Mateen II Pemeran Utama Serial Marvel Wonder Man

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 02 Nov 2022 15:27 WIB
SYDNEY, AUSTRALIA - MAY 18:  Yahya Abdul-Mateen attends the Australian premiere of Baywatch at Hoyts EQ on May 18, 2017 in Sydney, Australia.  (Photo by Brendon Thorne/Getty Images for Paramount Pictures)
Foto: Brendon Thorne
Jakarta -

Marvel Studios sudah mengumumkan akan mengadaptasi komik dan karakter Wonder Man ke serial original Disney+. Aktor Yahya Abdul-Mateen II kini bergabung sebagai pemeran utama dalam serial tersebut.

Keterlibatan Yahya Abdul-Mateen II dalam serial Wonder Man dikabarkan eksklusif oleh Deadline. Serial ini akan disutradarai oleh Destin Daniel Cretton yang sebelumnya menggarap Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Cretton akan bekerja sama dengan Andrew Guest (diambil dari serial Marvel Studios buat Disney+, Hawkeye) yang menjabat ko-produser.

Digaetnya Yahya Abdul-Mateen II buat Wonder Man membuat sang aktor pindah haluan dari semesta DC ke MCU. Sebelumnya dia memerankan Cal Abar/Dr. Manhattan dalam serial Watchmen garapan HBO yang juga merupakan adaptasi dari komik DC. Tidak hanya itu, Yahya Abdul-Mateen II juga main di Aquaman sebagai David Kane atau Black Manta. Karakter ini akan kembali muncul dalam sekuel Aquaman and the Lost Kingdom yang dijadwalkan tayang di bioskop Natal 2023.

Terakhir, Yahya Abdul-Mateen II main di film horor Candyman arahan Nia Dacosta (simak video wawancara eksklusifnya dengan detikhot di sini). Sang aktor juga main dalam film arahan Michael Bay berjudul Ambulance.

Siapa sebenarnya Wonder Man di semesta Marvel?

Wonder Man punya nama asli Simon Williams. Dia pertama kali diperkenalkan oleh Stan Lee dan Jack Kirby di komik The Avengers volume 9 yang dirilis tahun 1964.

Simon Williams merupakan salah satu dari dua anak pemilik Williams Innovations bernama Sanford Williams. Williams Innovations merupakan sebuah usaha keluarga yang bergerak di bidang persenjataan, perlengkapan militer, dan mesiu. Setelah ayahnya meninggal, Simon menjalankan bisnis keluarganya itu secara penuh di usia 22 tahun.

Sayangnya, karena Simon kurang pengalaman, perusahaan itu mengalami kemunduran terlebih harus bersaing dengan Stark Industries. Kakak Simon, Eric, menolak untuk bekerja sama dan mengurus perusahaan tersebut. Eric di sisi lain sudah jadi kaya karena bisnis lain. Karena ingin menyelamatkan bisnis ayahnya, Simon melakukan sebuah kejahatan yang membuatnya dihukum penjara.

Dia lalu dibebaskan oleh sosok bernama Amora the Enchantress, salah satu karakter Marvel Comics asal Asgard, dengan uang tebusan. Lalu Baron Zemo muncul dan berniat untuk menjadikan Simon Williams sebagai Master of Evil. Zemo tertarik membaca pernyataan Simon soal bisnisnya yang hancur karena Tony Stark.

Zemo lalu meminta Simon Williams untuk jadi kelinci percobaan buat sebuah treatment bernama ionic ray yang kemudian membuatnya punya kekuatan super. Zemo memberinya kostum dan memanggilnya Wonder Man. Zemo berniat menggunakannya buat melawan Avengers.

wonder manWonder Man di komik Foto: dok Marvel Comics

Dari kisah origin itu, cerita Wonder Man di komik berlanjut. Dari diperalat untuk melawan Avengers hingga bergabung dengan Avengers dan keluar lagi dari Avengers dan membentuk West Coast Avengers bersama Hawkeye. Ada juga cerita komik yang menampilkan dirinya pensiun dan jadi bintang TV lalu mengisahkan pengalamannya di Avengers.

Yang pasti, Wonder Man punya kekuatan super tak terbatas. Kakinya sangat kuat sehingga bisa melompat jauh dan tinggi. Selain itu, dia juga sangat cepat, lebih cepat dari manusia biasa atau atlet terbaik. Dengan refleks yang sangat baik, Wonder Man juga bisa menghindari serangan musuh dengan sangat efektif.

Selain itu, dia juga bisa terbang, punya pendengaran super, dan bisa melihat spektrum energi di luar kemampuan mata manusia. Di komik-komik terkini, Wonder Man juga dikisahkan punya kekuatan teleportasi.

Selain otak yang cerdas, Simon Williams pun sempat melakukan berbagai pekerjaan lain, seperti aktor hingga stuntman. Meski melabeli dirinya sebagai manusia super, dia juga tidak sempurna karena harus menghadapi penyakit mental.

(aay/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT