ADVERTISEMENT

Momen-momen 'Lho Kok Gitu?' di Ending Ms. Marvel

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 14 Jul 2022 15:04 WIB
Ms. Marvel
Foto: dok. Disney+/Marvel
Jakarta -

Twitter sempat ramai soal beberapa adegan di Ms. Marvel sepanjang tiga episode pertamanya. Sebagian penonton di Indonesia mengajukan pertanyaan "Lho kok gitu?" soal beberapa adegan.

Mereka mempertanyakan mengenai adegan-adegan seperti Lebaran tanpa puasa, tata cara akad nikah, hingga penggunaan mukena saat adegan salat. Namun kemudian salah satu warganet memberikan penjelasan: lebaran yang dirayakan di Ms. Marvel adalah Idul Adha sehingga tak ada adegan puasa, lalu dijelaskan juga mengenai perbedaan budaya antara Islam di Indonesia dengan Islam di Pakistan dan India.

Kini perdebatan soal hal-hal tersebut sudah lewat dan Ms. Marvel sudah memasuki episode terakhir. Ada banyak pertanyaan lain yang tak berkaitan dengan budaya dan agama, namun soal karakter dan kejadian-kejadian di episode terakhirnya. Beberapa kejadian ini masih menyisakan pertanyaan di benak penonton: lho kok gitu?

1. Kamran oh Kamran

LONDON, ENGLAND - MAY 26: Rish Shah attends the Rish Shah, pemeran Kamran. Foto: Getty Images/Tristan Fewings

Kamran muncul sebagai sosok cowok ganteng di sekolah yang ditaksir Kamala. Kemudian terungkap dia adalah keturunan Clandestines dari bangsa Djinn. Kamran sangat menuruti ibunya, Najma, yang meminta dia untuk menjebak Kamala yang saat itu sudah punya gelang Aisha. Kamala awalnya tersentuh dengan cerita Najma yang ingin pulang ke dimensi Djinn sebelum akhirnya dia tahu bahwa usaha itu hanya akan menghancurkan dimensi manusia tempatnya sekarang.

Kamran kemudian mulai labil. Di satu sisi dia mendukung ibunya, tapi di sisi lain dia berada di pihak Kamala. Ketika dia mendapatkan kekuatan dari Noor sang ibu, dia minta bantuan Bruno dan Kamala dengan senang hati menolongnya. Namun di tengah jalan, Kamran berubah pikiran lagi dan membuat semuanya agak runyam sebelum Kamala turun tangan dan menyadarkannya.

Perubahan mood Kamran sepanjang season Ms. Marvel ini cukup membingungkan dan rasanya butuh penjelasan lebih detail. Apakah Noor dan kekuatan yang dia miliki kemudian memberi pengaruh pada perubahan itu?

2. Kok ada Zoe?

Iman Vellani as Ms. Marvel/Kamala Khan in Marvel Studios' MS. MARVEL. Photo courtesy of Marvel Studios. ©Marvel Studios 2022. All Rights Reserved.Kamala di AvengerCon. Foto: Courtesy of Marvel Studios./Courtesy of Marvel Studios.

Zoe muncul di awal sebagai cewek populer di sekolah. Dia adalah influencer terkenal yang punya banyak followers di TikTok. Zoe hanya muncul di episode-episode awal dalam durasi yang tak terlalu signifikan. Namun, dia merupakan orang pertama yang ditolong oleh Kamala dengan kekuatan supernya. Kejadian ini kemudian menjadi titik penting dalam perubahan karakter Zoe. Tentu penonton akan senang melihat Kamala akhirnya punya banyak teman. Namun kemunculan Zoe di adegan Tim Kamala versus DODC di sekolah terlalu mendadak.

Itu hari Sabtu, Nakia bilang sekolah tutup di hari Sabtu sehingga cocok buat jadi tempat sembunyi. Namun Zoe ada di sekolah dengan dalih lampu di salah satu ruang di sana sangat bagus buat bikin konten TikTok. Meski alasan ini agak receh, namun keberadaan Zoe di adegan itu menjadi penting buat konklusi sekuensnya.

3. Kostum dari Ammi

Ms. Marvel episode 6.Ms. Marvel episode 6. Foto: dok. Marvel Studios/Disney+

Kamala akhirnya mendapat kostum superheronya dari sang bunda. Kostum bernuansa biru-merah dengan huruf Kaf dalam tulisan Arab yang merupakan inisial nama Kamala itu dibuat khusus dengan penuh cinta dari Pakistan. Sayangnya kedatangan kostum tersebut amat mendadak tanpa diberitahukan proses kejadiannya. Meski begitu, kardus yang digunakan sebagai kotak kostum itu konsisten sejak episode pertama. Itu adalah kardus yang sama dengan yang digunakan nenek Kamala saat mengirim gelang Aisha.

4. Lho kok Mutan?

Ms. Marvel episode 6.Ms. Marvel episode 6. Foto: dok. Marvel Studios/Disney+

Pertanyaan lain yang muncul adalah soal status manusia Kamala. Kamala butuh waktu cukup lama untuk menerima kenyataan bahwa dia merupakan keturunan Djinn, yang berarti dia bukan seutuhnya manusia. Namun di akhir episode 6, Bruno membeberkan ada yang berbeda dengan gen Kamala. Gen tersebut bermutasi. Ketika Bruno mengatakan itu, musik di latar belakang memutar lagu tema serial animasi X-Men sebagai isyarat bahwa Kamala pun akan bersinggungan dengan X-Men di MCU.

Di komik, Kamala diperkenalkan sebagai Inhuman. Hal ini lantaran IP (intellectual property) dari X-Men kala itu dimiliki oleh Fox sehingga Marvel Comics memutuskan untuk tidak lagi menambah karakter X-Men di komik mereka untuk menghindari Fox mengadaptasi IP tersebut menjadi karakter film. Kini Fox sudah ada di bawah perusahaan yang sama dengan Marvel Studios yakni Disney, sehingga hal tersebut bukan lagi jadi masalah. Rencana X-Men buat masuk ke MCU pun sudah digadang-gadang kejadiannya sejak akhir fase 3.

Status Kamala sebagai Inhuman juga tidak pernah dibahas di Ms. Marvel. Bisa jadi karena memang sejak awal, Marvel Studios berniat untuk membawa karakter ini ke dalam semesta X-Men atau paling tidak menyatukan cerita keduanya. Sementara itu, karakter Inhuman yang dimunculkan di MCU belum lama ini adalah Black Bolt di Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT