ADVERTISEMENT

Ms. Marvel Episode 5: Perjalanan ke Masa Lalu dan Noor untuk Kamran

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 06 Jul 2022 19:24 WIB
Adegan Ms. Marvel episode 5.
Foto: dok. Marvel Studios
Jakarta -

Ditinggalkannya Kamran oleh Najma di penjara DODC (Department of Damage Control) di episode Ms. Marvel pekan lalu tentu menimbulkan tanda tanya. Kamran merupakan karakter penting dalam komik, tapi kenapa kemunculannya hanya gitu saja? Tapi di episode 5 Ms. Marvel yang tayang Rabu (6/7/2022) ini semuanya terjawab.

Spoiler Alert!

Najma dan pasukan bangsa Djinn alias Clandestine menyerang Kamala (Iman Vellani) dan Kareem (Aramis Knight) di episode sebelumnya. Kareem sang anggota Red Dagger sudah kehilangan pemimpinnya, Waleed (Farhan Akhtar), dalam pertarungan itu. Ketika Najma (Nimra Bucha) menyerang Kamala dengan belatinya, yang lalu ditangkis oleh Kamala menggunakan gelang ajaib peninggalan Aisha (Mehwish Hayat), Kamala mendadak masuk ke dimensi lain. Dia berpindah ke masa lalu.

Ms. Marvel episode 5 membawa kita ke India di masa sebelum kemerdekaan. Sedikit sejarah pemisahan antara India dan Pakistan dijelaskan dalam sebuah narasi berita. Potongan-potongan gambar dan video dari masa lalu ditampilkan seperti sebuah dokumenter. Kita lalu dibawa ke tahun 1942 ketika Aisha pertama kali bertemu dengan Hasan (Fawad Khan).

Pertemuan yang tidak terduga itu membuahkan cinta di antara mereka. Namun hidup Aisha, Hasan, dan anak mereka, Sana, tidak aman karena jajahan Inggris. Najma mengajak Aisha pulang ke dimensi Noor, tapi Aisha seperti tahu ada yang janggal. Dia berusaha kabur dari Najma, meski sudah diancam dan diberi tenggat waktu untuk mencari gelang yang Aisha sebut telah disembunyikannya di tempat yang aman. Perjalanan dan perpisahan yang dramatis terjadi di stasiun kereta Karachi.

Kereta ini sudah muncul di penglihatan Kamala sejak dia mengenakan gelang tersebut. Tujuannya datang ke Pakistan juga untuk mencari tahu asal usul gelang itu, kekuatannya, dan Aisha. Perjalanan Kamala ke masa lalu itu menjawab semua pertanyaan yang mengganggu pikirannya selama ini. Buat Kamala semuanya jadi masuk akal sekarang.

Ketika dia kembali ke masa kini, sebuah portal terbuka di lokasi pertarungan Kamala dan Kareem dengan Clandestine. Portal itu menuju ke dimensi Noor. Para Clandestine senang karena bisa pulang. Tapi rupanya portal itu tidak bekerja seperti yang mereka harapkan. Seperti ada kekuatan lain yang mengontrolnya dari dimensi berbeda yang kemudian menghancurkan para Clandestine. Ketika Najma berusaha masuk, dia yakin bisa melawan apapun yang ada di balik energi portal itu. Tapi dia salah.

"Kamran."

Itulah kalimat terakhir yang diucapkan Najma. Secercah cahaya keluar dari tubuhnya dan melaju kencang dari Pakistan ke Jersey menuju tempat Kamran (Rish Shah) yang berusaha kabur dari penjara DODC. Kini tidak hanya Kamala yang punya kekuatan kosmik dari Noor.

Episode 5 Ms. Marvel menyoroti asal-usul Kamala dan keluarga besarnya, sekaligus jadi episode perdamaian antar generasi yang selama ini terkesan selalu berkonflik. Seiring dengan Kamala semakin mengenal dirinya, dia juga semakin mengenal keluarganya dan begitu pula sebaliknya. Bersatunya para perempuan di keluarga Kamala adalah kekuatan yang sesungguhnya dari episode ini.

Kepercayaan diri Kamala juga mulai terpupuk jauh lebih banyak dari episode yang lalu. Perjalanan ke masa lalu itu menghapus semua tanda tanya yang muncul di kepalanya selama ini, meski akhirnya hal itu pula memunculkan tanda tanya baru. Sebelumnya penonton berpikir bahwa Najma geng Clandestine-nya adalah villain dalam kisah ini. Tapi apapun yang ada di balik portal itu adalah penjahat yang sebenarnya.

Di sisi lain, Kamran masih jadi buruan DODC. Dia mendatangi Brian, eh maaf Bruno (Matt Lintz), untuk minta pertolongan. Bruno dikejutkan dengan cahaya yang keluar dari tangan Kamran dan meledakkan toko kelontongnya.

"Kau juga punya kekuatan?!" teriak Bruno heboh.

Ms. Marvel tayang di Disney+ Hotstar setiap Rabu. Ikuti trivia quiz Ms. Marvel di atas dan menangkan merchandise seru!

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT