Kenalan dengan Kamran, Anak Djinn di Ms. Marvel

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 23 Jun 2022 17:53 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 26: Rish Shah attends the Ms. Marvel UK Special Screening at Everyman Borough Yards on May 26, 2022 in London, England. (Photo by Tristan Fewings/Getty Images)
(Foto: Getty Images/Tristan Fewings) Rish Shah memerankan Kamran di serial Disney+ Ms. Marvel.
Jakarta -

Kamran diperkenalkan ke Marvel Cinematic Universe di episode 2 serial Ms. Marvel yang tayang di Disney+ Hotstar. Sosok ini masih misterius. Meski sudah diberikan bumbu-bumbu asmara antara dirinya dan Kamala Khan sang Ms. Marvel, namun Kamran masih memberikan kesan... penjahat.

Spoiler Alert!

Di akhir episode 2 Ms. Marvel, Kamran menyelamatkan Kamala dari kejaran DODC (Department of Damage Control). Di situlah akhirnya Kamala tahu asal-usul Kamran dari ibunya yang ternyata berasal dari bangsa Djinn. Ibu Kamran, Najma, punya hubungan dengan leluhur Kamala yang bernama Aisha. Gelang yang digunakan Kamala, yang memberikannya kekuatan kosmik, merupakan milik Aisha dulu. Dari Najma juga Kamala tahu sedikit lebih banyak soal sosok yang tidak boleh dibicarakan di rumahnya itu.

Sosok Kamran di komik Ms. Marvel.Sosok Kamran di komik Ms. Marvel. Foto: dok. Marvel Comics/Fandom

Dari Najma juga Kamala tahu soal Noor, energi yang membuat Najma dan sesama klan Djinn yang ada di kisah ini bisa tetap terlihat muda meski usia mereka sudah ratusan tahun. Noor ini juga yang memberikan Kamala kekuatan dari gelang keramat milik Aisha. Najma juga menjelaskan bahwa dia bukan berasal dari dimensi ini, tapi dibuang dari dimensi asalnya ke dimensi manusia.

Kamran di sisi lain merupakan keturunan dari Djinn yang lahir di bumi. Tidak seperti Najma dan yang lainnya, dia belum mendapatkan Noor sehingga kekuatannya pun masih belum muncul. Namun Najma mengisyaratkan kepada Kamala bahwa suatu saat, mungkin dia bisa membantu Kamran untuk memunculkan Noor tersebut.

Karakter Kamran pertama kali muncul di komik Ms. Marvel volume 3 yang dirilis Maret 2015. Dia dikisahkan sangat dekat dengan keluarga Kamala Khan sebelum pindah ke Houston, Texas. Kamran lalu kembali ke Jersey setelah dewasa dan mendadak mendapatkan kekuatan dari Terrigen Mist. Di komik, Kamran merupakan bagian dari Inhumans.

Kamran punya kekuatan bioluminescence di komik. Hal ini membuat tubuhnya mengeluarkan energi berwarna putih-kebiruan. Kamran bisa memindahkan energi ini ke objek lain dan membuat ledakan kuat.

Sosok Kamran di komik Ms. Marvel.Sosok Kamran di komik Ms. Marvel. Foto: dok. Marvel Comics/Fandom

Berbeda dengan Najma yang berasal dari dimensi lain, Kamran adalah manusia dari Bumi-616. Perkembangan karakternya di Ms. Marvel masih belum terungkap. Di satu sisi dia terlihat sangat mendukung keinginan Najma namun di sisi lain dia juga mulai memunculkan sisi protektif terhadap Kamala.

Kamran diciptakan oleh komikus G. Willow Wilson dan Takeshi Miyazawa dalam komik Ms. Marvel. Di versi serial Disney+, Kamran diperankan oleh aktor Rish Shah.

Ms. Marvel sudah tayang 3 episode per Rabu (22/6/2022). Di episode terakhir yang tayang, ras Djinn diperkenalkan lewat sebuah dokumen berbahasa Urdu. Dijelaskan oleh Ayah Kamala:

"Djinn merupakan makhluk supranatural dari cerita rakyat sebelum Islam. Djinn punya banyak nama seiring waktu dan budaya. Ada yang menyebutnya jin, ada yang menyebutnya iblis. Menurut legenda, ada sekelompok Djinn tersembunyi, diasingkan dari dunia asal mereka, dikutuk untuk terjebak di dunia kita. Mereka bergerak dalam bayangan, mencari kunci yang bisa membawa mereka pulang. Tapi butuh kekuatan primordial untuk membuka tabir kuno seperti itu."

Djinn dalam semesta Marvel Comics merupakan ras kuno. Ada yang berasal dari Asgard (yang punah karena kelemahan mereka terhadap temperatur rendah), ada juga spesies Djinn yang lahir dari Lilith. Lilith sendiri punya origin yang jauh lebih tua. Ada yang menyebutnya sebagai malaikat yang membangkang dan kemudian menikah dengan Setan. Dalam kisahnya di Marvel Comics, Lilith adalah perempuan pertama yang menjadi pasangan Adam, sang laki-laki pertama di Bumi. Selain Djinn, Lilith juga punya anak yang kemudian jadi bangsa Lilin, Incubi, dan Succubi.

(aay/ass)