Ms. Marvel Episode 3: Bangsa Djinn Menyerang!

ADVERTISEMENT

Ms. Marvel Episode 3: Bangsa Djinn Menyerang!

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 22 Jun 2022 21:43 WIB
Ms. Marvel
(Foto: dok. Disney+/Marvel) Ms. Marvel Episode 3: Bangsa Djinn Menyerang!
Jakarta -

Ada masjid, adegan wudhu dan salat, dikira kerasukan dan dibacakan Ayat Kursi, hingga doa makan dan takbir di dua episode pertama Ms. Marvel. Sesuatu yang sebelumnya tidak pernah muncul dalam film atau serial di fase Marvel Cinematic Universe sebelumnya. Semua hal baik sudah diperlihatkan lalu bagaimana dengan sisi buruknya? Di situlah bangsa Djinn menyerang!

Spoiler alert!

Djinn sempat disebut-sebut oleh Aamir Khan (Saagar Saikh), kakak Kamala (Iman Vellani), di episode pertama Ms. Marvel. Saat itu Aamir menyambangi adik perempuannya ke dalam kamar dan berbincang singkat. Di sana Aamir menyebut soal Djinn.

"Kau mau aku mematikan lampu atau kau masih takut Djinn?" kata Aamir.

"Aku bukan anak 12 tahun lagi!" jawab Kamala.

Siapa sangka sesumbar Aamir itu ternyata mengarah kepada villain dalam serial Ms. Marvel. Kamala sempat melihat sosok perempuan misterius ketika gelang keramatnya sedang bereaksi. Setelah aksi heroiknya menyelamatkan seorang anak laki-laki yang nyaris jatuh dari gedung (yang membuat Kamala kemudian diburu oleh DODC -- Department of Damage Control), Kamala diselamatkan Kamran (Rish Shah).

Kamran muncul pertama kali di episode 2 sebagai sosok cowok ganteng di sekolah yang bikin Kamala naksir. Kamran ternyata juga punya ketertarikan kepada Kamala yang membuat Bruno (Matt Lintz) curiga. Tapi Kamala yang sudah kepincut tak terlalu berpikir jauh sampai akhirnya malam itu, Kamran membawanya masuk ke dalam mobil dan Kamala berhadapan dengan sosok perempuan misterius dalam pengelihatannya.

Dia adalah salah satu dari bangsa Djinn yang bertahan hidup di semesta manusia dan ingin kembali ke dunia mereka. Kamala adalah satu-satunya harapan para Djinn untuk pulang. Hanya saja hal itu tidak bisa mereka lakukan tanpa melukai Kamala dan keluarganya.

"Djinn merupakan makhluk supranatural dari cerita rakyat sebelum Islam. Djinn punya banyak nama seiring waktu dan budaya. Ada yang menyebutnya jin, ada yang menyebutnya iblis. Menurut legenda, ada sekelompok Djinn tersembunyi, diasingkan dari dunia asal mereka, dikutuk untuk terjebak di dunia kita. Mereka bergerak dalam bayangan, mencari kunci yang bisa membawa mereka pulang. Tapi butuh kekuatan primordial untuk membuka tabir kuno seperti itu," demikian bunyi kutipan dari hasil riset Bruno yang diterjemahkan dari Bahasa Urdu oleh Pak Khan (Mohan Kapur).

Djinn dalam semesta Marvel merupakan ras kuno. Ada yang berasal dari Asgard (yang punah karena kelemahan mereka terhadap temperatur rendah), ada juga spesies Djinn yang lahir dari Lilith. Lilith sendiri punya origin yang jauh lebih tua. Ada yang menyebutnya sebagai malaikat yang membangkang dan kemudian menikah dengan Setan. Dalam kisahnya di Marvel Comics, Lilith adalah perempuan pertama yang menjadi pasangan Adam, sang laki-laki pertama di Bumi. Selain Djinn, Lilith juga punya anak yang kemudian jadi bangsa Lilin, Incubi, dan Succubi.

Ms MarvelMs Marvel Foto: Dok. Marvel Studios

Ms. Marvel episode 3 membawa penonton menelusuri lebih dalam asal muasal gelang keramat yang memberikan Kamala kekuatan kosmiknya (ada easter egg 10 rings dari Shang-Chi juga!). Yang kita tahu sebelumnya, gelang ini merupakan peninggalan dari nenek-bibi Kamala yang namanya tabu buat disebutkan. Tapi cerita aslinya masih dirahasiakan sampai terungkap di awal episode 3.

Di tengah video penyelamatannya yang viral di TikTok dan nama jelek yang diberikan netizen buatnya, Kamala sedang berada dalam posisi yang sulit. Dia kini dihadapkan dengan rasa bertanggung jawab karena memiliki kekuatan super dan tanggung jawab untuk melindungi keluarga dan orang-orang yang dia sayangi. Akankah Kamala ditakdirkan untuk bisa melakukan keduanya? Atau dia harus memilih salah satu?

Kamala bertarung dengan beberapa kaum Djinn yang mengacau di pernikahan kakaknya. Dia masih belum tahu bagaimana cara mengontrol kekuatan atau sekuat apa gelang keramat itu bisa melawan salah satu ras tertua ini.

DODC alias Department of Damage Control juga sedang memburu Kamala karena keriuhan di media sosial. Mereka masuk ke masjid (tanpa buka sepatu, duh!) dan berhadapan dengan imam masjid dan Nakia (Yasmeen Fletcher). DODC tidak tahu siapa sosok di balik topeng yang viral, tapi mereka curiga dari warna kulitnya, perempuan itu bisa jadi seorang muslim dari masjid ini.

Ms. Marvel bisa disaksikan di Disney+ Hotstar setiap Rabu.

(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT