ADVERTISEMENT

Ms. Marvel Episode 4: Halo, Red Dagger!

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 30 Jun 2022 20:04 WIB
Ms. Marvel
Foto: dok. Marvel/Marvel Comics/Marvel Entertainment
Jakarta -

Setelah serangkaian kejadian di Jersey, episode terbaru Ms. Marvel membawa penonton ke titik nol dengan perjalanan Kamala Khan (diperankan Iman Vellani) ke Karachi, Pakistan. Ini merupakan perjalanan pertama Kamala ke kampung halaman ibu, nenek, dan buyutnya, setelah mendapatkan kekuatan kosmik dari gelang yang berasal dari sana.

Spoiler Alert!

Seperti perjalanan cerita serial terbaru Disney+ ini sejak awal, yaitu tentang identitas seorang remaja, Kamala datang ke Karachi dengan segudang pertanyaan yang dia harap bisa terjawab di sana. Dia ingin tahu asal muasal kekuatannya, dari mana kekuatannya berasal, dan siapa sebenarnya Aisha yang selalu dilarang buat disebut-sebut oleh sang ibu, tapi menjadi kunci dari segala keanehan-keanehan yang menimpanya belakangan ini. Termasuk pernikahan Aamir, kakak laki-lakinya, yang kacau balau karena kedatangan Clandestine alias bangsa Djinn.

Secara teknis, Kamala juga bagian dari bangsa Djinn. Buat Kamala, hal itu adalah sesuatu yang besar, penting, dan menambah kebimbangannya tentang identitas. Seperti yang kita tahu, dia adalah remaja yang selalu merasa berada di antara dua sisi identitas sebagai orang Amerika dan Pakistan. Ketika ada di Amerika, dia tidak pernah merasa sepenuhnya sebagai orang Amerika. Ketika kini dia berada di Pakistan, dia tidak merasa sepenuhnya orang Pakistan. Namun, sang nenek meyakinkan bahwa ini hanya persoalan genetik dan dia tidak perlu terlalu memikirkan ini.

"Bukan soal bagaimana kita mendapat pengelihatan yang sama, atau kau adalah keturunan Djinn. Yang penting adalah ketika kekuatan gelang ini terakhir digunakan, gelang ini menyelamatkan hidupku," kata sang nenek.

Episode 4 Ms. Marvel menjelaskan banyak hal soal sejarah pemisahan antara India dan Pakistan kepada Kamala. Perjalanan Kamala dalam mencari tahu lebih banyak soal pengelihatannya tentang kereta di Karachi hingga kekuatan yang sekarang dia miliki membawanya lebih dalam ke sejarah keluarga dan perjuangan orang-orang di masa lalu ketika pemisahan terjadi. Ketika dia sedang melihat-lihat di stasiun kereta, dia bertemu Kareem, sang Red Dagger.

Ms. MarvelKamala dan Kareem Foto: dok. Marvel/Marvel Comics/Marvel Entertainment

Ini adalah momen pertama Red Dagger diperkenalkan di MCU. Tidak hanya satu, tetapi ada dua yang beraksi dan menolong Kamala.

Kemunculan Kareem sebagai Red Dagger di episode ini terjadi pula di komik Ms. Marvel, meski dengan latar belakang cerita yang berbeda. Di komik, Kareem pertama kali muncul di volume 4 Ms. Marvel edisi 12 yang dirilis Oktober 2016. Dia berasal dari Badin, Pakistan, dan masih punya hubungan darah dengan Kamala. Siang hari dia adalah laki-laki biasa, namun di malam hari Kareem merupakan Red Dagger sang pahlawan bertopeng merah yang menolong masyarakat di Pakistan. Dia kemudian pindah ke New Jersey dan tinggal di rumah Kamala ketika memutuskan buat pindah sekolah.

Ms. MarvelRed Dagger di komik Ms. Marvel Foto: dok. Marvel/Marvel Comics/Marvel Entertainment

Kareem versi MCU agak berbeda. Dia tidak diceritakan sebagai keluarga sedarah dari Kamala dan Kareem versi ini tidak bekerja sendirian sebagai Red Dagger. Dia punya markas keren tersembunyi di dalam sebuah rumah makan Tiongkok bersama salah satu rekannya yang lebih tua bernama Waleed. Baik Kareem dan Waleed bisa merasakan energi Noor yang dimiliki oleh Kamala lewat gelang peninggalan Aisha. Karena energi Noor inilah Kareem bisa menemukan Kamala di stasiun kereta.

Bersama Kareem dan Waleed, Kamala akhirnya melatih kekuatan yang dimilikinya. Tidak hanya bagaimana mengontrolnya tetapi juga memanfaatkannya dengan baik. Kamala juga menampilkan pose superhero khas Ms. Marvel dan mendapatkan material buat kostumnya di masa depan. Semua terasa sangat menyenangkan sampai akhirnya para Clan Destine alias bangsa Djinn yang mengincar Kamala dari episode sebelumnya terbang ke Karachi dan terjadilah adegan kejar-kejaran di pasar yang sangat sery.

Kita kembali disajikan pertarungan antara Kamala (yang kini sudah lebih bisa menggunakan kekuatan kosmiknya dengan lebih baik) dengan Clan Destine. Sayangnya pertarungan ini tidak berakhir baik buat Waleed. Setelah Kamala tahu kenapa Clan Destine memburunya dan menginginkan gelang Aisha, dia semakin berusaha untuk melindungi gelang itu.

Pertarungan itu berujung pada tikaman ibu Kamran ke gelang Kamala yang membawanya ke dimensi lain. Ke masa lalu.

Ms. Marvel bisa disaksikan di Disney+ Hotstar setiap Rabu.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT