ADVERTISEMENT

Serangan Netizen ke Netflix Gegara Lafaz Allah di The Umbrella Academy

Tim detikcom - detikHot
Senin, 27 Jun 2022 07:05 WIB
Lafaz Allah di The Umbrella Academy 3
(Foto: dok. Twitter) Serangan Netizen ke Netflix Gegara Lafaz Allah di The Umbrella Academy
Jakarta -

Tak ada hari tanpa keramaian di Twitter. Kali ini menyangkut serial terbaru Netflix, The Umbrella Academy 3, yang dinilai menodai agama Islam. Hal itu gegara dalam sebuah adegan di serial tersebut terdapat lafaz Allah di lantai.

Salah satu penonton serial The Umbrella Academy 3 menyoroti adegan tersebut. Seorang karakter menggambar sederet simbol keagamaan di lantai. Di antara semua simbol itu ada lafaz Allah. Tangkapan layar adegan itu kemudian diunggah oleh salah satu netizen yang lalu diunggah ulang oleh aku Base (akun bot yang mencuit kiriman DM dari follower).

"Pas nonton The Umbrella Academy 3, aku langsung ngeh di scene bagian ini ada lafadz Allah di lantai," tulis salah satu penonton yang cuitannya dibagikan ulang.

"Gais, boleh tolong bantu up gak case ini? Bantu kecam atau boikot series ini, karena udah masuk dalam kategori pelecehan agama," tulis pengirim di akun Base @convomfs.

Netter berdebat soal ini. Ada yang merasa bahwa adegan tersebut sudah sesuai konteks dari cerita serialnya sehingga tidak lantas melecehkan. Tapi ada pula yang merasa bahwa tidak seharusnya lafaz Allah digambar di lantai.

Netizen lain menyebut Netflix kurang riset. Karena menurut mereka, bisa saja Netflix menggunakan logo bulan-bintang apabila ingin menampilkan keterwakilan agama Islam dalam adegan tersebut, alih-alih menggunakan lafaz Allah.

"Kita marah karena lafaz Allah-nya ditaruh di bawah. Nggak peduli konteksnya apa kek, kenapa harus ada lafaz Allah-nya. Itu protesan dari kita. Kalau mau ada lambang Islam, cukup bulan dan bintang," balas netizen lain.

Karena adegan ini, sebagian netizen kemudian menyuarakan untuk memboikot serial The Umbrella Academy 3 dan Netflix. Mereka kecewa karena Netflix belum memberikan pernyataan resmi terkait insiden dan kontroversi ini.

The Umbrella AcademyThe Umbrella Academy 3 Foto: Dok. Instagram

Ada banyak protes ditujukan ke Netflix buat adegan ini. Secara langsung mereka yang kecewa menulis cuitan dan me-mention akun Netflix Indonesia, Netflix global, hingga akun resmi The Umbrella Academy.

"Tolong lihat ini dan lakukan sesuatu! Ini sangat menghina Tuhan kami. Tolong hormati dan jangan letakkan lafaz Allah di lantai seperti itu!" tulis salah satu pengguna Twitter dengan menyebut akun Netflix di ujung tulisannya.

"Tolong hapus adegan ini. Allah itu nama Tuhan orang Islam. Sangat dilarang untuk diinjak atau bahkan ditulis di atas lantai karena ini nama suci," tulis netizen lain.

"Netflix bisa minta maaf atau menindaklanjuti ini? Menulis lafaz Allah di lantai benar-benar tidak bisa diterima dan menghina muslim serta agama kami. Boikot The Umbrella Academy!" tulis penonton berbeda.

Lihat juga video 'Elliot Page Jadi Transgender, Netflix Gas Terus soal 'Umbrella Academy'':

[Gambas:Video 20detik]



Netter bandingkan adegan The Umbrella Academy dengan Hollywood Walk of Fame Muhammad Ali (di halaman selanjutnya)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT