ADVERTISEMENT

Seruan Boikot Netflix dan The Umbrella Academy Gegara Lafaz Allah di Lantai

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 26 Jun 2022 12:19 WIB
THE UMBRELLA ACADEMY (L to R) TOM SINCLAIR as OSCAR, KRIS HOLDEN-RIED as AXEL and JASON BRYDEN as OTTO in THE UMBRELLA ACADEMY Cr. CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX © 2020
Foto: The Umbrella Academy (CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX/CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX)
Jakarta -

Netflix dihadapkan dengan protes dan ancaman boikot imbas penayangan The Umbrella Academy 3. Salah satu adegan dalam serial terlaris Netflix itu dianggap bermasalah karena menyinggung umat muslim. Dalam adegan tersebut tampak lafaz Allah tertulis di lantai dan salah satu karakter tengah berdiri di lantai yang sama.

Kekecewaan dituliskan para penonton dan netizen di media sosial Twitter. Ada banyak protes ditujukan ke Netflix buat adegan ini. Secara langsung mereka yang kecewa menulis cuitan dan me-mention akun Netflix Indonesia, Netflix global, hingga akun resmi The Umbrella Academy.

Tagar The Umbrella Academy juga kini diwarnai dengan protes penonton. Ada pula yang terang-terangan menyuarakan boikot ke Netflix dan serial tersebut.

"Tolong lihat ini dan lakukan sesuatu! Ini sangat menghina Tuhan kami. Tolong hormati dan jangan letakkan lafaz Allah di lantai seperti itu!" tulis salah satu pengguna Twitter dengan menyebut akun Netflix di ujung tulisannya.

"Tolong hapus adegan ini. Allah itu nama Tuhan orang Islam. Sangat dilarang untuk diinjak atau bahkan ditulis di atas lantai karena ini nama suci," tulis netizen lain.

"Netflix bisa minta maaf atau menindaklanjuti ini? Menulis lafaz Allah di lantai benar-benar tidak bisa diterima dan menghina muslim serta agama kami. Boikot The Umbrella Academy!" tulis penonton berbeda.

Namun perdebatan antara warganet juga terjadi. Ada yang merasa hal tersebut bukanlah pelecehan. Ada pula yang mengembalikan tangkapan layar itu ke konteks adegannya.

Lafaz Allah di The Umbrella Academy 3Lafaz Allah di The Umbrella Academy 3 Foto: dok. Twitter

"Yang marah-marah memang tahu konteks adegannya apa?" tanya salah satu netizen.

"Kita marah karena lafaz Allah-nya ditaruh di bawah. Nggak peduli konteksnya apa kek, kenapa harus ada lafaz Allah-nya. Itu protesan dari kita. Kalau mau ada lambang Islam, cukup bulan dan bintang," balas netizen lain.

"Kasih rating dan komen rendah di Netflix, sosial media terkait, atau rating di mana saja," tulis salah satu pengguna Twitter.

Belum ada komentar dari pihak Netflix mengenai adegan yang dipermasalahkan.

(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT