The Great Heist: Kisah Nyata Perampokan Bank Kolombia

ADVERTISEMENT

The Great Heist: Kisah Nyata Perampokan Bank Kolombia

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Kamis, 02 Sep 2021 20:40 WIB
Serial The Great Heist
The Great Heist: Kisah nyata perampokan Bank di Kolombia. Dok. Netflix
Jakarta -

Pada 14 Agustus 2020 yang lalu, Netflix merilis serial terbarunya, The Great Heist. Serial ini diangkat dari kisah nyata aksi perampokan pada Bank of Republic di Kolombia yang terjadi pada tahun 1994 lalu.

Selain itu, ide pada film ini juga dibuat berdasarkan buku karya jurnalis Alfredo Serrano Zabala yang terbit tahun 2008 dengan judul 'This is How I Robbed the Bank. The Assault of the 20th Century in Columbia'.

Film ini dibintangi oleh Andres Parra (Chayo), Christian Tappan (Molina), Paula Castano (Carmen), dan Marcela Benjumea (Dona) serta disutradarai oleh Camilo Salazar Prince, Pablo Gonzalez, dan Laura Mora Ortega.

The Great Heist menceritakan tentang 14 perampok handal yang mengelabui petugas Bank of Colombia yang menyamar sebagai petugas perawatan AC. Dengan berbekal berbagai macam senjata, mereka dapat melancarkan aksinya.

Perampokan yang dilakukan selama 21 jam ini melibatkan karyawan yang bekerja pada bank tersebut, empat orang polisi, dan tiga pejabat bank yang terdiri dari kasir, bendahara, manajer sistem keamanan, serta pengelola dana untuk Kota Colombia.

Menariknya, saat perampokan berlangsung tidak ada satu tembakkan pun yang keluar. Yang dilakukan mereka selama 21 jam itu merampok sampai brangkas bank hampir tak tersisa, tanpa terdeteksi pergerakannya.

Hasil yang mereka dapatkan dari aksi perampokan tersebut sebanyak 24 miliar peso Colombia dari bank nasional tersebut. Mereka juga mengambil pecahan kertas uang 2.000 dolar AS, 5.000 dolar AS, dan 10.000 dolar AS yang belum sempat beredar. Seri yang terbagi dalam enam episode ini, melakukan perampokan rumit yang melibatkan alat, topeng, mesin las, dan tangka oksigen.

Serial ini pun mendapatkan respon yang cukup baik dari para penonton serial serupa seperti Money Heist. Pada situs IMDb mereka memberikan skor 7,3/10, sementara Rotten Tomatoes memberikan nilai 60%.

The Great Heist tayang sejak 14 Agustus 2020 di Netflix dan hingga saat ini belum ada kabar terkait musim keduanya.

Serial The Great HeistSerial The Great Heist Foto: Dok. Netflix


Simak Video "Adegan Menegangkan di Teaser 'Money Heist: Korea' Bagian Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT