Welcome to Madripoor! Pulau di Indonesia dalam The Falcon and the Winter Soldier

Devy Octafiani - detikHot
Senin, 05 Apr 2021 14:07 WIB
Madripoor
Madripoor tempat di Kepulauan Indonesia dalam semesta Marvel / Foto: (Marvel Fandom)
Jakarta -

Indonesia ambil bagian dalam The Falcon and the Winter Soldier. Kehadiran Indonesia disebut di episode tiga series terbaru Disney+Hotstar itu.

Series ini menyebut sebuah tempat bernama Madripoor yang berada di sebuah pulau di Kepulauan Indonesia. Bucky bersama Sam Wilson melakukan perjalanan untuk mencari jejak penyebaran serum pembuat para prajurit super yang topiknya dimunculkan sejak episode kedua.

Apakah Madripoor itu? Dalam potongan dialog yang diungkapkan Bucky Barnes pada Sam Wilson, tempat tersebut merupakan sebuah tempat yang sudah dijadikan para bajak laut di masa lampau sebagai tempat mereka mendapatkan suaka.

Keberadaan tempat ini sudah disebut-sebut dalam Marvel Comics. Ia adalah sebuah pulau di Asia Tenggara yang terletak di bagian selatan Selat Malaka, barat daya Singapura.

Kehadiran kota itu dalam cerita The Falcon and the Winter Soldier agaknya menjadi awal dari rencana panjang Marvel ke depan. Pulau atau tempat itu ternyata berhubungan dengan sosok para mutan legendaris X-Men.

Sejarah Madripoor dibuat memiliki benang merah antara Wolverine juga Viper yang merupakan salah satu penguasa lama di sana.

(L-R): Rhodey (Don Cheadle) and Falcon/Sam Wilson (Anthony Mackie)  in Marvel Studios' THE FALCON AND THE WINTER SOLDIER exclusively on Disney+. Photo courtesy of Marvel Studios. ©Marvel Studios 2021. All Rights Reserved.(L-R): Rhodey (Don Cheadle) and Falcon/Sam Wilson (Anthony Mackie) in Marvel Studios' THE FALCON AND THE WINTER SOLDIER exclusively on Disney+. Photo courtesy of Marvel Studios. ©Marvel Studios 2021. All Rights Reserved. Foto: Courtesy of Marvel Studios/Marvel Studios

The Falcon and the Winter Soldier agaknya baru awal untuk memulai perjalanan panjang Marvel ke masa datang. Dalam The Falcon and the Winter Soldier, tempat itu membuat Bucky Barnes dan Sam Wilson bertemu dengan penguasa yang diyakini dapat memudahkan mereka bertemu dengan seseorang yang mengelola serum berbahaya sehingga membuat dunia kehadiran ancaman baru dalam gabungan kelompok Flag-Smasher.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Indonesia disebut-sebut dalam cerita yang Marvel sodorkan. Dalam Avengers: Age of Ultron, kehadiran Indonesia juga sudah disebut meski samar-samar.

Yakni ketika jet yang dikemudikan Bruce Banner dikonfirmasi pemimpin S.H.I.E.L.D, Nick Fury, jatuh di Laut Banda. Laut yang letaknya tak jauh dari Kepulauan Maluku dan Samudera Hindia.



Simak Video "The Falcon and the Winter Soldier Akan Hadirkan Black Captain America?"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)