Di Balik The Crown, Serial Drama Terbaik Tahun Ini

Devy Octaviany - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 15:09 WIB
The Crown
The Crown jadi serial televisi drama terbaik versi Golden Globe 2021 Foto: (dok. Netflix)
Jakarta -

The Crown didapuk sebagai serial drama terbaik tahun ini lewat ajang Golden Globe ke-78. Sebelumnya serial ini dianugerahi piala di kategori yang sama di 2017.

Kemenangan pertama itu diperoleh serial original Netflix ini di musim pertama. Di musim keempat kali ini, The Crown menyodorkan kisah Pangeran Charles yang menemukan calon istrinya, yakni Lady Diana Spencer.

Duka yang dialami Charles selepas sang kakek meninggal dunia karena sebuah aksi terorisme, Diana hadir dan keduanya diceritakan menikah.

Musim ini menampilkan ketegangan yang muncul di antara Pangeran Charles dan Putri Diana juga Ratu dan Perdana Menterinya, Margaret Thatcher.

Membuat adaptasi kehidupan Ratu Elizabeth dengan keluarga kerajaannya amat menantang. Ada 90 lokasi yang digunakan dalam proses pengambilan gambar.

Penataan set serta menampilkan alat komunikasi lama juga menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. Ada 400 kostum yang dibuat di antaranya 12 kostum khusus yang dikenakan Olivia Colman sebagai Ratu Elizabeth.

The CrownThe Crown Foto: (dok. Netflix)

Ditambah 1500 kostum seragam prajurit yang dikenakan di proses pengambilan gambar yang berbeda, termasuk di adegan pemakaman kakek buyut Pangeran Charles.

The Crown tak semata-mata membawa kisah dan menampilkan kilas balik tentang bagaimana sosok Putri Diana dan Pangeran Charles serta intrik di dalam keluarga kerajaan. Serial ini cukup detail menampilkan kehidupan keluarga Ratu Elizabeth meski dalam versi imajinasi fiksi.

"Jarang ada sebuah proyek film atau serial yang berusaha melakukan semuanya secara benar. Semua orang yang terlibat dalam serial ini memegang teguh prinsip itu. Bahkan untuk sekadar mainan bayi di kamar Pangeran William, kami menimbang-nimbang dengan matang. Apakah kami akan membawa mainan betulan buatan tahun 1982 atau menggantinya dengan yang lain," ungkap Annie Sulzberger, kepala riset serial ini.

The Crown mengungguli empat serial lainnya yang bersaing di nominasi Serial Drama Terbaik di Golden Globe tahun ini. Di antaranya, Lovecraft Country, Ozark, Ratched juga The Mandalorian yang merupakan versi lain dari cerita Star Wars dan tayang di Disney+.

Jangan lewatkan streaming siaran ulang Golden Globe di detikcom hari ini, Kamis (4/3/2021). detikers dapat menyaksikan kemeriahannya hingga pukul 15.30 WIB.



Simak Video "Sukses Besar! The Crown Jadi Serial Terbaik Golden Globes 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)