Profil Mark Ruffalo yang Menang Golden Globe Lewat Peran Skizofrenia

Tim detikhot - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 14:12 WIB
Mark Ruffalo
Mark Ruffalo menang Golden Globe pertamanya tahun ini / Foto: Istimewa
Jakarta -

Mark Ruffalo meraih penghargaan Golden Globe pertamanya tahun ini. Ia menang lewat perannya dalam serial pendek, I Know This Much is True'.

Dalam I Know This Much is True, aktor pemeran Hulk di Avengers ini memerankan kembar Dominick dan saudara kembarnya, Thomas Birdsey yang mengidap skizofrenia.

Drama ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang rilis di tahun 1998 dan ditulis oleh Wally Lamb.

78th ANNUAL GOLDEN GLOBE AWARDS -- Pictured: (l-r) Sunrise Coigney with Mark Ruffalo accepting the Best Actor - Television Motion Picture award for 'I Know This Much Is True' via video; Justin Theroux onstage at the 78th Annual Golden Globe Awards held at the Rainbow Room on February 28, 2021 -- (Photo by: Peter Kramer/NBC)78th ANNUAL GOLDEN GLOBE AWARDS -- Pictured: (l-r) Sunrise Coigney with Mark Ruffalo accepting the Best Actor - Television Motion Picture award for 'I Know This Much Is True' via video; Justin Theroux onstage at the 78th Annual Golden Globe Awards held at the Rainbow Room on February 28, 2021 -- (Photo by: Peter Kramer/NBC) Foto: NBC

Mendapat piala pertama, namun Mark Ruffalo sebelumnya sudah dinominasikan di ajang ini sebanyak tiga kali. Nominasi-nominasi itu di antaranya untuk aktor terbaik lewat film Infinitely Polar Bear di 2014, Aktor Pendukung Terbaik lewat perannya dalam Foxcatcher juga sebuah mini seri berjudul The Normal Heart.

Aktor kelahiran 22 November 1967 ini dikenal sebagai aktor sekaligus produser. Ia dikenal lewat perannya dalam This is Our Youth (!998) dan film You Can Count on Me (2000).

Mark Ruffalo juga pernah beradu akting dengan Jennifer Garner dalam 13 Going on 30 (2004) dan membintangi dua film thriller Zodiac (2007) dan Shutter Island (2010).

Penampilannya sebagai Hulk di cerita Avengers produksi Marvel Studios membuat dirinya semakin dikenal. Setidaknya ada 5 film Avengers yang melibatkan Mark Ruffalo di dalamnya.

Mark Ruffalo juga sebelumnya mendapatkan nominasi Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik lewat perannya sebagai seorang pendonor sperma dalam drama komedi The Kids Are All Right (2010), Dave Schultz dalam film biografi Foxcatcher (2014), dan Michael Rezendes dalam drama Spotlight (2015) ).

Dia memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Aktor Terbaik dalam Film TV karena berperan sebagai penulis dan aktivis gay dalam film drama televisi The Normal Heart (2015).



Simak Video "Film 'Minari' Dinilai Layak Mendominasi Nominasi Golden Globes"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)