HBO Asia Siap Produksi Folklore Season 2, Billy Christian Jadi Wakil Indonesia

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 01 Des 2020 20:04 WIB
Folklore Season 2
Foto: dok. HBO Asia
Jakarta -

Produksi HBO Asia Original, Folklore, akan dilanjutkan ke season 2. Setelah sukses dengan proyek pertamanya di 2018, serial antologi horor ini akan kembali ke layar HBO Asia di tahun 2021 mendatang.

Joko Anwar terlibat dalam produksi season 1 Folklore di tahun 2018 lewat produksi A Mother's Love. Sebuah drama horor yang diperankan oleh Marissa Anita dan Muzakki Ramadhan tentang Wewe Gombel.

Di season 2, Billy Christian bakal jadi sutradara untuk porsi kisah Indonesia dalam Folklore. Seperti tertulis dalam keterangan pers yang diterima detikcom pada Selasa (1/12/2020).

Eric Khoo kembali jadi showrunner Folklore di musim keduanya. Lewat cerita-cerita dari berbagai negara di Asia, Folklore season 2 akan jadi lebih menegangkan dengan menampilkan kondisi manusia yang dirasuki kekuatan supranatural. Elemen psikologis pun diselipkan dalam cerita-ceritanya nanti.

Tujuh negara termasuk Indonesia akan berpartisipasi dalam proyek Folklore season 2. Negara lain yang akan menyumbang cerita adalah Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Masing-masing proyek negara akan diarahkan oleh sutradara lokal.

Para sutradara di season ini antara lain Sittisiri Mongkolsiri dari Thailand, Shih-Han Liao dari Taiwan, Erik Matti dari Filipina, Billy Christian dari Indonesia, Nicole Midori Woodford dari Singapura, dan Bradley Liew dari Malaysia. Menulis lagu pop, Seiko Matsuda, akan membuat debut penyutradaraan untuk episode dari Jepang.

Sambutan yang meriah buat Folklore season 1 hingga diputar di berbagai ajang festival film internasional seperti salah satunya Toronto International Film Festival menjadi alasan WarnerMedia melanjutkan Folklore ke season 2.

Folklore Season 2Billy Christian jadi sutradara Indonesia yang terlibat di produksi HBO Asia Original Folklore Season 2 Foto: dok. HBO Asia

"Genre horor selalu berhasil dengan baik di Asia. Menyusul sukses season pertama Folklore, WarnerMedia telah menyetujui season kedua dari serial yang meraih banyak penghargaan ini, memperluas serial antologi di lebih banyak lagi negara-negara Asia," kata Magdalene Ew, Head of Entertainment, WarnerMedia India, Southeast Asia and Korea.

Lewat proyek Folklore season 2 ini, deretan sutradara yang tampil tak hanya mereka yang sudah berpengalaman saja. Namun juga sutradara pendatang baru yang akan menghadirkan sesibilitas berbeda lewat karya-karya mereka. Dua di antara sutradara yang terlibat dalam Folklore season 2 merupakan perempuan.

Dijadwalkan Folklore season 2 akan tayang pada akhir 2021 di HBO dan HBO GO. Season pertama dari Folklore termasuk A Mother's Love besutan Joko Anwar masih bisa disaksikan streaming di HBO GO. Termasuk lima episode lainnya.

(aay/doc)