Di Hari Ulang Tahun Doraemon, 5 Alat Ini Masih Diharapkan Jadi Nyata

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 03 Sep 2020 21:32 WIB
Doraemon
Foto: (dok.Doraemon Fandom)
Jakarta -

Hari ini, Kamis 3 September 2020, adalah hari ulang tahun Doraemon. Sosok robot kucing dari masa depan yang legendaris.

Perayaan ulang tahun Doraemon sebenarnya memang terbilang unik. Karena berasal dari masa depan tepatnya tahun 2112, di tahun 2020 ini robot tersebut sebenarnya belum lahir. Namun sejak tahun 1995, dalam sebuah film pendek berjudul 2112 Nen Doraemon Tanjō, tanggal lahir Doraemon terungkap.

Film tersebut tayang di Jepang 4 Maret 1995. Dalam sebuah adegan, tertanggal 3 September 2112 diperlihatkan sebuah perakitan besar-besaran robot kucing di Matsushiba Robot Factory. Di situlah Doraemon bersama deretan robot kucing lainnya 'terlahir'.

Sejak tahun 1969, karakter Doraemon telah sukses mewarnai budaya pop di Jepang hingga seluruh dunia. Dia amat disayangi tidak hanya sosoknya yang lucu dan sifatnya yang soft ketika bertemu kucing yang dia taksir, tapi juga karena alat-alat canggih yang dibawanya ke masa lalu untuk membantu Nobita.

Alat-alat ini sampai sekarang sepertinya mustahil jadi kenyataan. Meski nggak ada salahnya sih berharap suatu saat alat-alat Doraemon ini ada.

1. Baling-baling Bambu

Doraemon pakai baling-baling bambu.Doraemon pakai baling-baling bambu. Foto: dok. Istimewa

Menghadapi kemacetan lalu lintas memang sangat menyebalkan. Menyenangkan sekali kan, bisa pergi ke mana-mana dengan menggunakan Baling-baling Bambu? Alat ini adalah salah satu yang paling ikonik dari Doraemon. Biasa digunakan oleh Nobita dan kawan-kawan dalam melakukan petualangan-petualangan seru mereka.

Baling-baling Bambu bentuknya sangat kompak dan digambarkan di serial animasi Doraemon dalam warna kuning. Cara menggunakannya hanya tinggal ditempelkan di atas kepala, lalu baling-balingnya akan berputar dan membuat penggunanya bisa terbang.

2. Pintu ke Mana Saja

DoraemonPintu ke Mana Saja di dunia Doraemon Foto: dok. TV Asahi

Lupakan pesawat terbang! Siapa yang butuh kereta cepat? Kalau semua tempat bisa dikunjungi dalam sekejap mata dengan Pintu ke Mana Saja! Pintu berwarna pink ini keluar dari dalam kantong ajaib Doraemon saat dibutuhkan. Hanya tinggal menyebutkan lokasi tujuan yang diinginkan, maka Pintu ke Mana Saja akan membawamu ke sana.

Di banyak episode komik dan animasi Doraemon, Pintu ke Mana Saja selalu jadi solusi. Dalam komik, Nobita dan Doraemon pernah menyambungkan akses Pintu ke Mana Saja dengan Mesin Waktu untuk membawa tim produksi serial televisi ke masa lalu buat syuting di sana.

3. Mesin Waktu

Doraemon dan kawan-kawan di mesin waktu.Doraemon dan kawan-kawan di mesin waktu. Foto: dok. Istimewa

Sampai saat ini Mesin Waktu adalah teknologi yang masih jadi misteri. Di dunia Doraemon, Mesin Waktu inilah yang membawa sang robot kucing ke era Nobita.

Mesin Waktu juga jadi alat yang berperan besar dalam petualangan Nobita dan kawan-kawan. Nobita pernah membawa neneknya yang sudah meninggal untuk bertemu dengan sang Ayah yang tengah rindu pada sosok sang Ibunda.

4. Konnyaku Penerjemah

Konnyaku penerjemah Doraemon.Konnyaku penerjemah Doraemon. Foto: dok. Istimewa

Sekali makan makanan dengan tekstur seperti jeli ini, semua Bahasa bisa dikuasai! Doraemon punya alat canggih bernama Konnyaku penerjemah. Konnyaku berasal dari tanaman bernama Konjac yang menyerupai ubi. Dalam komik dan animasi Doraemon, Nobita dan kawan-kawan biasanya makan ini untuk mengerti Bahasa dunia yang sedang mereka jelajahi.

Di era K-Pop seperti sekarang ini, seru banget kalau bisa mengobrol dengan para idola K-Pop tanpa harus repot-repot belajar Bahasa Korea. Sekali kunyah, jadi bisa deh bicara dengan oppa! Walaupun sekarang sudah ada banyak aplikasi smartphone yang bisa digunakan juga sih.

5. Selimut Waktu

DoraemonSelimut waktu di Doraemon Foto: dok. TV Asahi

Selimut waktu berguna buat mempercepat atau memundurkan kondisi suatu barang atau bahkan manusia. Dengan menggunakan Selimut Waktu, seseorang bisa kembali jadi anak-anak atau langsung menjadi orang dewasa. Sebuah barang bisa kembali ke kondisi baru setelah rusak. Sebuah alat yang berfungsi banget dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kalau koleksi Gundam kamu tidak sengaja dirusak oleh adik sendiri. Hehe...

Sampai Doraemon benar-benar lahir di tahun 2112 nanti, mungkin alat-alat di atas baru bisa ada di dunia. Selamat ulang tahun, Doraemon!

(aay/nu2)