detikHot

Round Up

Selamat Jalan Nurhasanah, Pengisi Suara Doraemon

Senin, 13 Jul 2020 06:23 WIB Tim detikhot - detikHot
keterangan foto: Alm Prabawati Sukarta dan Nurhasanah / dok. Ely Kusumah keterangan foto: Alm Prabawati Sukarta dan Nurhasanah / dok. Ely Kusumah
Jakarta -

Pengisi suara Doraemon meninggal dunia. Nurhasanah meninggal setelah terserang jantung dan pernah stroke pada 2017.

Kabar ini disampaikan Bima Sakti yang merupakan dubber Giant kepada detikcom, Minggu (12/7/2020).

"Innalillaahi wainnailaihi roji'uun. Setelah kepergian Is Andespa (dubber Giant pertama), Hamdani Hasni (dubber Suneo pertama), Prabawati Sukarta (dubber Shizuka pertama) kini baru saja menyusul Nurhasanah (dubber Doraemon kedua)" ujar Bima Sakti.

Nurhasanah meninggal setelah diserang sakit stroke yang diidapnya sejak Desember 2017. "Iya sakit stroke semenjak Desember 2017, karena komplikasi jantung," sahut Bima.

Dijelaskan Bima, sebelum terkena stroke, kesehatan pengisi suara Doraemon sempat drop karena mengidap jantung.

"Kalau sakitnya itu mulai drop awalnya jantung tahun 2017. Itu kena serangan jantung, setelahnya dipasang ring. Beberapa hari kemudian beliau kena stroke," tutur Bima.

"Lumayan parah strokenya sampai agak miring mulutnya pada saat itu. Jadi agak ngeces terus gitu, beliau langsung sakit sempat di rawat abis itu menjalani terapi di 2017.

Pertemuan terkahir Bima dengan Nurhasanah pada Maret 2020 sebelum PSBB. Saat itu, Nurhasanah disebut masuk ke rumah sakit lagi.

DoraemonDoraemon Foto: (dok.Doraemon Fandom)

"Kemarin terakhir mungkin pengaruh juga entah apa makin lama makin drop, karena lagi suasana COVID-19 juga. Terakhir kondisinya itu sudah kadang sadar kadang nggak. Dapat info dari pihak keluarga gitu," ungkap Bima.

"Karena kami terakhir itu pada saat pandemi sebelum PSBB di bulan Maret itu beliau masuk RS lagi. Nah semenjal itu pas pulang kita nggak pernah ketemu lagi," tutup Bima.

Sementara Ely Kusumah menyebut, Nurhasanah sudah berhenti mengisi suara Doraemon sejak sakit pertama kali pada 2017.

"Mengisi suara itu kan butuh energi ekstra ya. Nah waktu sakit pertama itu, dirinya sudah kecapean, akhirnya dia berhenti," ungkap Ely.

"Waktu itu anaknya ikut audisi. Ternyata sesuai, meski nggak sama tapi suaranya mendekatilah pas untuk Doraemon. Kalau nggak salah, Dana masih jadi pengisi suara sampai sekarang," urai Ely.

"Dia diangkat jadi pegawai sekitar tahun 1990 lebih dulu dari saya. Dulu dia di RRI bagian drama," ungkap Ely menjabarkan kiprah Nurhasanah.

Nurhasanah menjadi pengisi suara Doraemon di generasi pertama menggantikan Anita Riyadi. Nurhasanah bergabung menjadi pengisi suara di animasi ini sejak 1993.

Kepergian Nurhasanah menambah duka setelah sebelumnya, pengisi suara Shizuka generasi pertama, Prabawati Sukarta meninggal duni pada pertengahan Juni 2020.




Simak Video "Kabar Duka! Pengisi Suara Doraemon Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com