Penampakan Ratu Kidul saat Bumi Nusantara Telusuri Pulau Jawa

ADVERTISEMENT

Spotlight

Penampakan Ratu Kidul saat Bumi Nusantara Telusuri Pulau Jawa

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 01 Nov 2022 17:03 WIB
Buku Bumi Nusantara
Tim Bumi Nusantara yang terdiri dari Tasha Siahaan, Bonaventura D Genta, dan Gaduh Pribadi. Foto: Courtesy of Bumi Nusantara
Jakarta -

Sejak 2020, tim Bumi Nusantara menelusuri berbagai petilasan yang dipercaya sebagai lokasi guru-guru besar Nusantara. Sebagian besar lokasi itu dianggap angker, mistis, maupun penuh legenda namun sebenarnya punya arti sejarah di masa lampau.

Salah satu tim Bumi Nusantara, Tasha Siahaan, menceritakan dalam salah satu penelusuran yang dijalani bersama-sama, ia masih ingat betul akan sosok yang ditemuinya. Percaya atau tidak, sosok itu bisa jadi adalah Ratu Kidul, sang penguasa Laut Selatan.

"Saya ingat banget pas di Sendang Khayangan, kami berendam sambil berdoa. Mas Genta jauh di belakang aku. Aku lihat ada cahaya dari arah hutan-hutan itulah, pas cahaya itu menghampiri Mas Genta, kalau dilihat bentuknya seperti orang tapi bercahaya gitu," tutur Tasha ketika diwawancarai detikcom.

Namun, ia kembali mengatakan tidak yakin dengan sosok yang dilihatnya tersebut. Menurut penuturan Tasha, sosok itu memakai baju berwarna kuning dan tampak duduk berlutut.

Buku Bumi NusantaraBuku Bumi Nusantara Foto: Tia Agnes/ detikcom

"Yang beda itu rasa yah, ada yang mukanya mirip tapi kok kayak ditekan, kayak kita atau saya nggak pantes lihat mukanya, ada yang rasanya jadi takut. Cuma dirasa saja sih," terang Tasha.

Sepanjang penelusuran bersama Bumi Nusantara, Tasha juga pernah menjumpai bentuk macan hitam di kawasan Cilacap, Jawa Tengah.

Melalui penelusuran yang dilakukan Bumi Nusantara, yang terbilang berbeda dengan tim lainnya, ada beberapa hal yang ingin disampaikan.

"Cuma mau memberitahu ke banyak orang, bahwa semesta itu luas dan menunjukkan seberapa besarnya Dia (Tuhan)," ucap Genta.

Hal berbeda disampaikan oleh Gaduh Pribadi. Dia menjelaskan sejak tim Bumi Nusantara mulai terbentuk sampai menjelajahi ke berbagai tempat, ada masanya kita sebagai manusia lebih membuka diri dan punya kesadaran intelektual agar tidak memilih jalan yang salah.

Buku Bumi NusantaraBuku Bumi Nusantara Foto: Tia Agnes/ detikcom

"Harapan kita, semoga lewat penelusuran Bumi Nusantara, bisa sedikit tahu atau tergeraklah hatinya untuk mencari tahu," tambah Gaduh.

Ratu Kidul menjadi salah satu sosok yang dipercaya sebagai Guru Besar Nusantara selain Semar atau Sang Hyang Ismaya. Kedua legenda itu merupakan hasil penelusuran dari tim Bumi Nusantara, yang ceritanya sudah dibukukan oleh Gagasmedia dan ditonton oleh ratusan ribu viewers di YouTube mereka.

Sebenarnya, apa alasan dari tim Bumi Nusantara menyatakan Sang Hyang Ismaya dan Ratu Kidul sebagai Guru Besar Nusantara?

Bonaventura D Genta menuturkan sebelum Nusantara berdiri (kini bernama Indonesia), Sang Hyang Ismaya adalah tokoh makhluk yang sudah ada sejak lama. "Dia adalah tokoh yang sudah lama ada di dunia, sebagai perpanjangan tangan Tuhan untuk mengasuh umat manusia," tutur Genta ketika diwawancarai detikcom.

Pria yang berdomisili di Magelang kembali melanjutkan, kedua tokoh legenda itu bukan berasal dari dunia. Mereka adalah sosok yang paling dituakan.



Simak Video "'Black Panther: Wakanda Forever' Masih Perkasa di Box Office"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT