Bumi Nusantara Jelajahi Pulau Jawa Cari Sang Hyang Ismaya dan Ratu Kidul

ADVERTISEMENT

Spotlight

Bumi Nusantara Jelajahi Pulau Jawa Cari Sang Hyang Ismaya dan Ratu Kidul

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 01 Nov 2022 15:04 WIB
Buku Bumi Nusantara
Buku Bumi Nusantara mengungkap penjelajahan dan pencarian tentang Sang Hyang Ismaya dan Ratu Kidul. Foto: Tia Agnes/ detikcom
Jakarta -

Nusantara punya banyak rahasia. Salah satunya mengenai sosok para guru besar yang mungkin kita kenal, Bapa Guru atau Sang Hyang Ismaya dan Ratu Kidul. Keduanya punya pengaruh yang kuat pada legenda-legenda di Nusantara.

Dari ide mengenai pencarian Guru Besar Nusantara itulah, tim penjelajahan bernama Bumi Nusantara berpetualang sejak 2020. Mereka adalah Bonaventura D Genta, Gaduh Pribadi, Ernest Luther, dan Natasha Siahaan untuk melihat makhluk tak kasat mata.

Setiap anggota tim punya kemampuan dan kelebihan masing-masing. Kisah penelusuran mereka kini telah dibukukan oleh penerbit Gagasmedia dan juga bisa dilihat di chanel YouTube Bumi Nusantara.

Kepada detikcom, Bonaventura D Genta atau akrab disapa Genta, menceritakan pembentukan tim ini untuk melakukan penelusuran keberadaan sebuah mitos, legenda, cerita rakyat dari satu kota ke kota lainnya.

"Mas Gaduh bisa menceritakan tentang budaya di sekitarnya tentang kota tersebut, Mas Ernest memvisualkan ke dalam ilustrasi, dan Mba Tasha menerjemahkan apa yang tidak terlihat oleh mata orang-orang awam," ungkap pria asal Magelang.

Buku Bumi NusantaraTim Bumi Nusantara (Bonaventura D Genta, Natasha Siahaan, dan Gaduh Pribadi) Foto: Courtesy of Bumi Nusantara

Penelusuran Bumi Nusantara pertama kalinya ke Gua Langse yang berada Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat tersebut dipercaya konon katanya adalah petilasan pendiri Mataram Islam dan panembahan Senopati pernah melakukan ritual atau tirakat di dalam gua tersebut.

"Kami melihat gua-nya yang jalur ke sana itu sangat lumayan. Tujuan ke sana untuk melihat tempat para petapa," terang Gaduh yang kini berdomisili di Surabaya, Jawa Timur.

Menurut keterangan Genta, penelusuran tim Bumi Nusantara itu bermula dari hal tak terduga. Mereka berpikir di balik para tokoh besar Tanah Air seperti Bung Karno, Soeharto, atau Gajah Mada yang hidup di masa lampu, pastinya ada guru yang mengajari mereka.

Buku Bumi NusantaraBuku Bumi Nusantara Foto: Tia Agnes/ detikcom

"Kita tahu orang-orang zaman dahulu kehebatannya seperti apa, apakah mungkin ada guru yang punya ilmu besar ada di balik mereka. Ilmu itu yang diturunkan kepada orang-orang hebat itu pula, kami mendatangi banyak lokasi dan menemukan dua nama Sang Hyang Ismaya dan Ratu Kidul penguasa Laut Selatan," kata Genta.

Gaduh menambahkan awalnya ketika menyambangi Bali, mereka menemukan Kebo Iwa. Sosok yang lebih hebat dari Gajah Mada. Di antara mereka berdua, tim mencari tahu dan ditemukanlah dua nama tersebut.

Bagaimana cerita penelusuran tim Bumi Nusantara mendapatkan kisah tentang Sang Hyang Ismaya dan Ratu Kidul? Simak artikel berikutnya.



Simak Video "Buku Alamat dan Barang-barang Pribadi Elvis Presley Bakal Dilelang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT