Spotlight

Pepe Komik Sukses Digemari, Kuncinya Satu: Jangan Takut untuk Mulai

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 05 Okt 2021 17:03 WIB
Komik Instagram Pepe Komik
Pepe Komik eksis di Instagram sejak Desember 2014 Foto: Pepe Komik/ Instagram
Jakarta -

Pepe Komik eksis di platform Instagram sejak Desember 2014. Sampai sekarang pengikutnya sudah ada ratusan ribu dan disukai para pencinta komik digital.

Berkarier sudah 7 tahun lamanya, Pepe Komik mengatakan hanya ada satu kunci bagi mereka yang ingin berkarier di industri komik.

"Jangan takut untuk memulai," kata Pepe Komik kepada detikcom.

Menurut pria kelahiran 1994 itu mengatakan jika teringat akan karya pertamanya yang dahulu sangat berbeda dengan komik strip terkini. Dia mengatakan kontennya terdahulu sangat jelek.

"Tapi jika ditanya mana komik favoritku aku akan menyebut komik pertama tadi," sambung pria bernama asli Prasetia Pradana.

Dia pun melanjutkan, "Jika tak ada komik pertama tidak akan pernah ada Pepe Komik yang seperti sekarang."

Nama Pepe Komik sengaja diambilnya dari inisial nama aslinya. Nama itu pula yang kini menjadi merek bagi setiap karyanya.

Dia mengatakan komik strip yang diunggah sebenarnya fokus kepada permainan kata-kata atau plesetan.

"Pepe Komik lebih fokus ke permainan kata-kata atau plesetan tapi membuat pembaca harus berpikir untuk mengerti maksud ceritanya," ungkap Pepe Komik.

Komik strip plesetan yang nyeleneh dibuat Pepe Komik punya ciri khas tersendiri. Ciri itu juga, lanjut dia, yang menjadi gaya lelucon ketika masih sekolah di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dari lelucon-lelucon itu yang kini menjadi ciri khas dari Pepe Komik. Bahkan di lingkungan tongkrongannya tersebut, Pepe Komik mengaku guyonannya pun dikenal baik.

Kini, bagi siapapun yang ingin berkarier di industri komik peluangnya terbuka lebar. Menurut pria yang mengidolakan Subandi Giyanto yang seorang pelukis di Yogyakarta sekaligus ayahnya itu, tren komik Instagram berjalan baik di Indonesia.

"Semua berjalan dengan sangat baik. Bahkan beberapa komik Indonesia juga sudah berhasil diangkat menjadi film dan ditayangkan di bioskop. Tentu ini menjadi pertanda yang sangat baik," pungkasnya.



Simak Video "'Squid Game' Dinilai Seperti Fenomena 'Gangnam Style'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)