Spotlight

Sentilan Gump n Hell soal Istana di Atas Bukit dan Rakyat Dapat Baliho

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 14 Sep 2021 14:28 WIB
Komik Gump n Hell
Komik Gump n Hell Foto: @gumpnhell/ Instagram
Jakarta -

Komik Gump n Hell yang hadir sejak 1 Maret 2016 di Instagram kerap mengkritik kondisi sosial dan politik Tanah Air. Karya-karyanya kerap dilikes sampai ribuan dan ratusan komentar di feed Instagram.

Sang komikus yang merupakan pria asal Tembalang, Semarang, Errik Irwan Wibowo mengatakan komiknya memang satir. Salah satu konten komik yang menyentil ketika perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76.

Dalam gambarnya, Errik membuat penampakan Istana Negara dilengkapi bendera merah putih berada di atas bukit yang menjulang tinggi. Di bawahnya, ada kotak-kotak kecil berbentuk seperti rumah yang dipisahkan oleh aliran sungai.

Uniknya di antara rumah-rumah tersebut, terdapat banyak baliho partai politik (parpol). Ada baliho yang berwarna merah, kuning, hijau, biru, putih, dan lain-lain.

Sentilan Gump n Hell tentang kemerdekaan Indonesia terasa ironi di tengah gegap-gempita perayaan. Gambar itu pun disukai lebih dari 7.400 likes.

Errik mengungkapkan alasannya menggambar komik yang penuh makna tersebut.

"Kekuasaan dibangun menjulang dan berjarak dengan rakyatnya. Di seremoni-seremoni semua tampak formal, mewah, dan gagah," ungkapnya kepada detikcom.

Namun sayangnya di luar acara seremoni yang megah dan lokasi tersebut, kejadian berbeda terjadi di bawah bukit.

[Gambas:Instagram]



"Oligarki dpat Istana, rakyat dapat balihonya," tegasnya.

Dari berbagai komik yang digambarnya, Errik banyak mendapatkan respons positif maupun negatif. Tapi ia mengaku tak ingin mengambil pusing, justru biasanya di kolom komentar para netizen beradu pendapat sampai bertengkar.

"Sama kayak dulu pendukung Rizieq-FPI-212 marah-marah di kolom komentar. Tapi justru itu yang seru karena direspons brutal pembaca lain," kata Errik.

"Jadi yang bikin Gump n Hell seru itu komen-komennya. Lebih seru dari komiknya," tukasnya.

Bagaimana kritikan lainnya dari komik Gump n Hell di peristiwa sosial dan politik yang terjadi di Indonesia? Simak artikel berikutnya ya!



Simak Video "Aduan Ayah Taqy Malik soal Fitnah Mantan Istri Siri Dikaji MUI"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)