Spotlight

Pepe Komik, Nyeleneh Ajak Main Kata-kata Plesetan

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 05 Okt 2021 14:26 WIB
Komik Instagram Pepe Komik
Pepe Komik eksis di akun Instagram sejak tahun 2014 Foto: Pepe Komik/ Instagram
Jakarta -

Komik Instagram tetap digemari dan punya ruang spesial di jagat maya. Menjamurnya berbagai konten komik strip di platform Instagram selama satu dekade ke belakang membuat kreativitas para kreator seakan tak pernah berakhir.

Dari Instagram, para kreator komikus menjajal dan mempublikasikan karya komiknya sekaligus mencari basis pembaca.

Salah satu kreator komik strip di Instagram yang tak kalah digemari adalah Pepe Komik. Di akun resminya yang memiliki 341 ribu followers dan sudah centang biru itu, Pepe Komik kerap mengunggah karya-karya ciptaannya.

Pepe Komik dibuat oleh pria asal Bantul bernama Prasetia Pradana. Nama 'Pepe' diambil dari inisial dari nama aslinya dan kini nama itu menjadi merek bagi karyanya.

Pepe mengatakan komik strip yang diunggah sebenarnya fokus kepada permainan kata-kata atau plesetan.

"Pepe Komik lebih fokus ke permainan kata-kata atau plesetan tapi membuat pembaca harus berpikir untuk mengerti maksud ceritanya," ungkap Pepe Komik ketika dihubungi detikcom.

Komik strip plesetan yang nyeleneh dibuat Pepe Komik punya ciri khas tersendiri. Ciri itu juga, lanjut dia, yang menjadi gaya lelucon ketika masih sekolah di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Sehingga tidak sulit dan tidak perlu bersusah-susah dalam mencari ide. Karena sebenarnya gaya guyonan itu sudah melekat di diriku sejak lama," katanya.

"Untungnya juga banyak pembaca yang suka juga," sambung Pepe.

Salah satu komik strip yang diunggah Pepe Komik seminggu lalu tentang sepasang suami-istri yang baru dikaruniai anak pertama.

"Bagusnya dinamai siapa ya? Agus, Andi, Michael, Wahyudi, Handoko," ujar sang ayah.

Ibunya yang sedang menggendong bayi langsung menggerutu dan marah. "Diem mas!!!"

Tak disadari, nama itulah yang menjadi nama bagi buah hati mereka. Di panel halaman berikutnya, seorang anak laki-laki sedang mengenalkan dirinya, "Perkenalkan namaku Diemas."

[Gambas:Instagram]



Konten mengenai nama ini bukan pertama kalinya digarap oleh Pepe. Sebelumnya dia mengaku juga pernah membuat hal serupa.

"Konten-konten itu sangat ramai menjadi perbincangan karena nama memang sesuatu yang sangat personal dan sensitif. Jadi saat kebetulan namamu atau nama temanmu yang dijadikan konten, akan terasa sangat dekat," tukasnya.

Bagaimana cerita mengenai proses kreatif dari Pepe Komik? Kali ini spotlight culture detikHOT bakal membahas tentangnya.

Simak artikel berikutnya ya!



Simak Video "Agensi Buka Suara Terkait Kasus yang Menyeret Kim Seon Ho "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)