Spotlight

5 Fakta Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 02 Mar 2021 16:20 WIB
Kimetsu No Yaiba Movie Demon Slayer
5 fakta soal manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Foto: istimewa
Jakarta -

Komikus Koyoharu Gotouge masuk ke dalam deretan 100 orang berpengaruh versi Majalah TIME. Berkat kepopuleran dan kesuksesan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, penjualan manganya pun melonjak tajam sejak tahun 2019.

Bahkan Kimetsu no Yaiba mampu mengalahkan manga One Piece yang terbit lebih dari 22 tahun.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba menjadi manga teratas dalam daftar terpopuler versi Oricon Chat. Berikut 5 fakta manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, seperti dirangkum redaksi detikHOT:


1. Kisah Pembasmi Iblis

Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba terbit perdana pada 15 Februari 2016 di majalah Shonen Jump. Berlatar era Taisho di Jepang, seorang remaja yang tinggal di atas gunung bernama Tanjiro Kamado mencari uang dengan cara menjual arang.

Suatu hari di saat cuaca sedang bersalju, keluarganya dibantai dan diserang oleh iblis. Saudara perempuannya Nezuko adalah satu-satunya yang selamat dari insiden tersebut.

Meski Nezuko diketahui juga adalah seorang iblis tapi ia masih menunjukkan tanda dan emosi seperti manusia. Tanjiro pun ingin menyelamatkan Nezuko dengan membawanya ke lokasinya, dan berusaha mengembalikan Nezuko menjadi manusia lagi.

Petualangannya menyelamatkan Nezuko membawa kepada berbagai kejadian yang mengubah hidupnya. Apakah Tanjiro berhasil membasmi iblis dan mengembalikan Nezuko menjadi manusia lagi?

2. Kalahkan One Piece

Sejak tahun 2019, situs Oricon mencatat manga One Piece tergeser ke posisi kedua maupun ketiga setelah Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Di data terbaru yang disurvei pada 18 November 2019 hingga 22 November 2020, ada 5 manga dari kategori serial terlaris sepanjang 2020.

Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba terjual sebanyak 82,3 juta. Di posisi kedua ada manga Kingdom karya Yasuhira Hara yang terjual 8,2 juta. Manga One Piece sepanjang tahun menurut data Oricon terjual sebanyak 7,7 juta dan berada di posisi ketiga.

3. Terjual 150 Juta Eksemplar

Penjualan manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba meningkat setelah penayangan versi serial anime dan film. Data di bulan Februari 2021, manga Demon Slayer terjual 150 juta kopi termasuk salinan digital.

Selama dua bulan terakhir, manganya bertambah penjualan sebanyak 30 juta kopi. Peredarannya pun meningkat 43 kali lipat sejak pemutaran perdana adaptasi versi anime pada April 2019.

4. Karakter dan Dialog Kuat

Pemimpin redaksi Shonen Jump, Kohei Ohnishi, menyebutkan karakter dan dialog dalam Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba terbilang kuat.

"Karakter mereka semuanya unik namun masih berakar pada kenyataan. Itu adalah sangat sulit untuk dicapai. Selain itu, ada sejumlah baris kenangan yang dipenuhi dengan orisinalitas di Demon Slayer," katanya.1

5. Raih Penghargaan

Komikus Koyoharu Gotouge menerima anugerah Noma Publishing Culture Awards pada November 2020. Manga Demon Slayer dianggap mampu menciptakan kembali industri penerbitan Jepang.

Penjualan yang kuat dari Demon Slayer berasal dari anime, video games, novel, manga spin-off, dan merchandise franchise yang mendorong peningkatan industri hiburan Jepang dari tahun 2019 sampai 2020.



Simak Video "Kira-kira Siapa yang Bakal Jadi Pembicara di Acara Special detikcom?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)