Kimetsu no Yaiba Jadi Manga Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 18 Feb 2021 11:05 WIB
Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba jadi manga paling berpengaruh versi Majalah TIME Foto: Istimewa
Jakarta -

Majalah TIME mempublikasikan daftar tahunan kedua Time100 Next dalam terbitan terbarunya. Ada 100 orang yang muncul dan berpengaruh dalam membentuk masa depan di daftar tersebut.

Uniknya dari daftar 100 orang berpengaruh ada manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba karya Koyoharu Gotouge.

Nama Koyoharu Gotouge masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh menurut versi TIME. Ini adalah pertama kalinya TIME memilih komikus dalam daftar tersebut.

Dalam catatan yang ditulis Kat Moon dan dipublikasikan Majalah TIME, disebutkan selama dua dekade Spirited Away adalah film Jepang dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Tapi kejayaannya berubah tahun lalu ketika animasi Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train tayang.

Filmnya mencatat rekor pembukaan tertinggi dalam sejarah Jepang dan akhirnya meraup rekor U$ 313 juta.

"Pencapaian itu membuat minat kepada penulis misterius itu ditelisik lebih dalam. Koyoharu Gotouge adalah ilustrator dan pencipta di balik waralaba," tulis Kat Moon, seperti dilihat detikcom.

Nama pena Koyoharu Gotouge menerbitkan serial perdana Demon Slayer di 2016. Manga menceritakan tokoh protagonis remaja yang berlatih keras melawan iblis dan merasakan empati untuk makhluk yang dahulunya adalah manusia.

Koyoharu Gotouge dikenal mempertahankan anonimitas di depan publik. Editor di majalah mingguan Shonen Jump, menyebutkan karakter komikus adalah penulis yang serius, jujur, dan punya rasa tanggung jawab yang kuat.

"Dengan tayangnya serial televisi Demon Slayer yang tayang streaming di Netflix dan film yang dijadwalkan rilis di Amerika Utara akhir tahun, jangkauan karya Koyoharu Gotouge menjanjikan untuk melangkah lebih jauh," sambungnya.

Kesuksesan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba juga berpengaruh kepada penjualan manga. Selama dua bulan terakhir, manganya bertambah penjualan sebanyak 30 juta kopi dan kini laku terjual 150 juta eksemplar termasuk salinan digital.

Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba kabarnya bakal berakhir di 18 Mei 2021 dengan volume ke-23. Shueisha juga melaporkan manga ini menjadi terlaris kedua di Jepang setelah manga One Piece karangan Eiichiro Oda.



Simak Video "Raditya Oloan Meninggal, Sang Anak Tulis Pesan Menyentuh"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)