Spotlight

Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Terpopuler, Apa Sih Istimewanya?

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 02 Mar 2021 14:07 WIB
Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
Spotlight culture detikHOT kali ini membahas tentang manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Foto: Istimewa
Jakarta -

Ketika One Piece yang terbit lebih dari 22 tahun masih eksis sampai sekarang, banyak penggemar Eiichiro Oda yang bertanya-tanya apa sih resepnya. Tapi ternyata di balik kesuksesan One Piece, ada satu manga lagi yang kerap dibicarakan pencinta manga.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba kini mengalahkan One Piece dan menjadi manga terpopuler di Jepang dan Indonesia.

Manga yang diciptakan oleh Koyoharu Gotouge merajai berbagai survei usai penayangan versi film dan anime yang kian melambung. Pekan lalu, majalah TIME menempatkan nama sang komikus ke dalam deretan 100 orang berpengaruh.

Dalam sejarah survei TIME, ini adalah pertama kalinya nama seorang komikus masuk ke dalam daftar 100 orang berpengaruh. Sebelumnya, ada film Spirited Away karya Hayao Miyazaki.

Apa sih yang menjadi istimewanya manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba sampai terpopuler?

Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba terbit perdana pada 2016 di majalah mingguan Shonen Jump. Penerbit ini dikenal sukses merilis seri paling ikonik, di antaranya Naruto, Dragon Ball, One Piece, dan Yu-Gi-Oh.

Manga Demon Slayer: Kimetsu no YaibaManga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Foto: Istimewa

Popularitas manga Demon Slayer melonjak sejak adaptasi animenya sebanyak 26 episode tayang di Jepang. Bahkan Demon Slayer dicap sebagai salah satu anime aksi terbaik sepanjang masa.

Tak lama setelah serial televisi tayang, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba pun menjadi manga terlaris di Jepang sejak 2019 dan mengalahkan One Piece. Menurut situs Oricon, baik dari segi volume maupun serial, Demon Slayer berada di urutan pertama.

Dalam wawancara kepada TIME, pemimpin redaksi majalah mingguan Shonen Jump, Hiroyuki Nakano, mengatakan kesuksesan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba berbeda dari manga-manga lainnya yang pernah terbit.

"Biasanya penjualan manga dan penayangan anime berkembang simbiosis mutualisme, saling berhubungan satu sama lain," ungkapnya.

Penerbit manga juga biasanya menjual lebih banyak salinan cetak selama penayangan anime. "Tapi Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba langsung melonjak," pungkas Hiroyuki Nakano.

Kali ini, spotlight culture detikcom bakal membahas mengenai Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba yang mengalahkan One Piece dalam industri manga dunia. Simak artikel berikutnya!



Simak Video "Masashi Kishimoto Ambil Alih Manga Boruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)