Spotlight

Komik Jagabumi Volume 4 Teruskan Warisan Si Buta

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 23 Feb 2021 13:38 WIB
Komik Jagabumi Volume 4
Komik Jagabumi Foto: Atmi Ahsani Yusron/ detikHOT
Jakarta -

Pertarungan belum usai. Jika di era Legenda dalam komik Jagabumi tiga volume sebelumnya, para jagoan Bumilangit bertahan dalam gempuran para lawan kini cerita semakin berkembang.

Komik Jagabumi volume 4 meneruskan setting dan latar yang terjadi di volume sebelumnya (Legenda, Siluman, dan Ksatria).

Editor senior Bumilangit Comics, Oyasujiwo, menjelaskan dalam volume 4 ada penerus Si Buta. Para penerus itu menjelajahi Nusantara dan mengumpulkan para pengikut baru.

"Nah ceritanya tentang pengikut-pengikut dia yang melanjutkan visi misinya. Nilai-nilai dari jagoan Si Buta yang diterapkan di zaman sekarang," terang Oyasujiwo kepada detikcom, belum lama ini.

Dalam semesta Si Buta, sang jagoan punya perguruan Elang Putih. Perguruan itu melawan Mata Malaikat yang ditunggangi oleh Roh Setan.

"Para penerus Si Buta ini melanjutkan visinya untuk menghentikan sindikat Mata Malaikat yang masih terus berlanjut," sambungnya.

Komik Jagabumi Volume 4Komik Jagabumi Volume 4 Foto: Bumilangit Official/ Instagram

Oyasujiwo menerangkan momentum yang diambil dalam komik Jagabumi adalah setting jelang kemerdekaan Indonesia di dekade 1940-an.

"Kami buat setting yang nggak jauh dengan masa sekarang, antara tahun 1943 sampai 1945," kata Oyasujiwo.

Menurut Oyasujiwo, tiga volume komik Jagabumi sebelumnya mendapatkan respons yang baik dari para pembaca. Ketika judul baru muncul lagi, maka permintaan untuk volume pertama sampai ketiga akan kembali naik lagi atau cetak ulang.

Untuk tahun 2021, komik Jagabumi yang terbit yakni volume 4, 5, 6, dan 7. Nantinya volume kedelapan bakal terbit pada 2022.

Komik Jagabumi Terbitan Bumilangit ComicsKomik Jagabumi Terbitan Bumilangit Comics Foto: Atmi Ahsani Yusron/ detikHOT

"Tahun ini memang sengaja komik Jagabumi dulu yang diterbitkan, jadi biar volume keempat yang rilis dulu. Nanti masuk ke era Patriot baru Revolusi di masa sekarang," pungkasnya.

Bumilangit yang berdiri sejak 2003 menjadi tonggak awal dari menghidupkan lagi pahlawan super Tanah Air yang merupakan karya komikus Indonesia. Lebih dari 1.200 karakter diterbitkan sepanjang 60 tahun sejarah komik Indonesia.

Bagaimana kelanjutan cerita berikutnya? Simak artikel spotlight culture berikutnya ya!



Simak Video "'Gundala Destiny', Komik Indonesia yang Tembus ke Kancah Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)