Pembaca Bumilangit! Komik Jagabumi Akan Terbit 4 Volume Tahun Ini

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 18 Feb 2021 09:50 WIB
Komik Bumilangit Jagabumi
Komik Jagabumi karya Bumilangit Foto: Istimewa
Jakarta -

Pandemi tak menyurutkan para pembaca setia Bumilangit untuk tetap membeli komik terbitan jagoan favorit mereka. Sepanjang 2021, Bumilangit Comics melanjutkan rencana penerbitan komik Jagabumi.

Komik Jagabumi yang dibagi menjadi empat era yakni era legenda, era jawara, patriot, dan revolusi bakal terbagi ke 8 volume komik. Kedelapan komik tersebut akan terbit secara berkala.

Editor senior Bumilangit Comics, Oyasujiwo, menuturkan empat volume komik Jagabumi sudah terbit di pasaran.

"Volume empat kami melanjutkan setting di tahun 1943 sampai 1945 pas masa kemerdekaan Indonesia," tutur Oyasujiwo ketika dihubungi detikcom.

Oyasujiwo menuturkan komik Jagabumi memang sejak awal sudah disiapkan bakal terbit sebanyak 8 volume. Komik tersebut menjadi pengantar supaya masuk ke jagat Bumilangit.

Secara garis besar, lanjut Oyasujiwo, jagatnya diceritakan di Jagabumi. "Bagaimana asal usul Jagat Bumilangit ada di empat era ini yang saling terkait," lanjutnya.

Di tiga volume sebelumnya settingnya lebih kepada era legenda. Di volume keempat dan kelima berada di era Jawara. "Berikutnya baru di era Patriot dan Revolusi," kata Oyasujiwo.

Ia mengatakan bagi pembaca setia komik Bumilangit pastinya tidak akan bingung dengan timeline yang sudah disiapkan tim. Tapi kalau ada pembaca komik yang kebingungan, bisa membaca dari komik Jagabumi terlebih dahulu.

Misalnya saja, Oyasujiwo mencontohkan dimulai dari membaca komik Jagabumi lalu ketika sampai di era Jawa, bisa lanjut ke komik Si Buta dan Gua Hantu maupun Mandala. Ketika sampai ke era Patriot bisa membaca komik Godam dan Gundala yang sudah terbit.

"Atau kalau tertarik lagi, bisa membaca komik Virgo di webtoon Indonesia. Jadi bisa membaca judul komik lepasan lainnya," katanya.

Komik Jagabumi mulai diterbitkan sejak tahun 2019. Meski Bumilangit mulai dengan penerbitan komik Si Buta dari Gua Hantu dan Gundala, baru komik Jagabumi, hal itu tak membuat pembaca kebingungan.

"Waktu komik Si Buta terbit itu bertepatan dengan momentum 50 tahunnya. Gundala juga gitu pas dengan momen filmnya. Nah dari situ, kami anter ke jagat yang lebih besar lagi. Masuk ke Jagabumi. Pembaca juga bisa mengenal karakter-karakter lainnya yang juga belum dikenal," pungkasnya.

Bumilangit yang berdiri sejak tahun 2003 menjadi tonggak awal dari menghidupkan lagi pahlawan super Tanah Air yang merupakan karya komikus Indonesia. Lebih dari 1.200 karakter diterbitkan sepanjang 60 tahun sejarah komik Indonesia.



Simak Video "'Gundala Destiny', Komik Indonesia yang Tembus ke Kancah Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)