Spotlight

Pertarungan Belum Usai, Jagabumi Berlanjut ke Volume 4

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 23 Feb 2021 12:21 WIB
Komik Jagabumi Volume 4
Komik Jagabumi Volume 4 terbit awal Februari 2021 Foto: Bumilangit Official/ Instagram
Jakarta -

Bagi rakyat Bumilangit, komik Jagabumi menjadi gerbang menuju semesta yang lebih mendalam dari para jagoan. Tak hanya ada Gundala, Sri Asih, maupun Virgo saja.

Para jagoan muncul dalam semesta Jagat Bumilangit sesuai dengan timeline yang sudah disiapkan oleh tim editorial. Tim Bumilangit Comics pun membaginya ke dalam empat era yakni Legenda, Jawara, Patriot, dan era Revolusi.

Mengawali 2021, pertarungan dalam tiga volume komik Jagabumi belum usai. Komik Jagabumi volume empat pun terbit bulan ini.

Editor senior Bumilangit Comics, Oyasujiwo, menuturkan di volume keempat melanjutkan setting pada 1943 sampai 1945 saat masa kemerdekaan Indonesia.

"Komik Jagabumi volume 4 dan 5 masih berada di era Jawa, menyambung dari setting sebelumnya di tiga volume yang berasal dari era Legenda," kata Oyasujiwo, saat berbincang dengan detikcom, belum lama ini.

Komik Jagabumi Terbitan Bumilangit ComicsKomik Jagabumi Terbitan Bumilangit Comics (Tiga Volume sebelumnya) Foto: Atmi Ahsani Yusron/ detikHOT

Oyasujiwo menjelaskan komik Si Buta dari Gua Hantu memakai setting era 1800-an, komik Sri Asih di 1950-an, Gundala dan Godam ceritanya pada 1970-an.

"Nah, ada rentang waktu 100 tahun yang nggak keisi dan belum ada," sambungnya.

"Jadi Jagabumi volume 4 dan 5 mengisi rentang dari kisah itu. Setelah jagoan Si Buta dan sebelum Sri Asih," lanjut Oyasujiwo.

Di tiga volume sebelumnya settingnya lebih kepada era legenda. Di volume keempat dan kelima berada di era Jawara. Berikutnya ada di era Patriot dan Revolusi.

[Gambas:Instagram]



Dalam Jagabumi volume 4 dan 5, nantinya bakal ada penerus Si Buta yang berkeliling di Nusantara. Dari setiap daerah yang dikunjungi, akan ada penerus dari Si Buta yang melanjutkan visi dan misinya tersebut.

Komik Jagabumi mulai diterbitkan sejak tahun 2019. Meski Bumilangit mulai dengan penerbitan komik Si Buta dari Gua Hantu dan Gundala, baru komik Jagabumi, hal itu tak membuat pembaca kebingungan.

"Waktu komik Si Buta terbit itu bertepatan dengan momentum 50 tahunnya. Gundala juga gitu pas dengan momen filmnya. Nah dari situ, kami anter ke jagat yang lebih besar lagi. Masuk ke Jagabumi. Pembaca juga bisa mengenal karakter-karakter lainnya yang juga belum dikenal," pungkasnya.

Bagaimana kelanjutan cerita mengenai komik Jagabumi? Baca berita selanjutnya ya.



Simak Video "'Gundala Destiny', Komik Indonesia yang Tembus ke Kancah Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)